Tunas Daihatsu Garut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Sabtu 12 Maret 2016, menggelar lomba otomotif tingkat SMK se-Priangan Timur, Jawa Barat sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR). Lomba otomotif bergengsi ini bernama Tunas Daihatsu 1st Priangan Timur Region Automotive Technical Skill Contest For Technical High School 2016. Kontes ini diikuti oleh 71 siswa dari 52 SMK di Priangan Timur (Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, dan Banjar) yang memiliki jurusan otomotif. Selain para peserta dan guru pendamping acara ini juga dihadiri oleh Direktur Tunas Group Bapak N.I Permadi, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ibu Amelia Tjandra, Head Dev HRD PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bapak Ari Junaedi, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Bapak Dodin, dan Muspida Kab Garut.

Tujuan utama Tunas Daihatsu 1st Priangan Timur Region Automotive Technical Skill Contest For Technical High School 2016 yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Priangan Timur, Jawa Barat, khususnya siswa SMK Otomotif. Penilaian lomba terdiri dari tiga tahap, tahap pertama yaitu tes tertulis. Dari hasil tes tertulis diambil 10 finalis yang kemudian mengikuti tes cerdas cermat. Kemudian 5 peserta dengan nilai tertinggi mengikuti tes uji praktek langsung pada mesin mobil. Proses lomba berjalan dengan seru dimana perbedaan nilai peserta hanya berbeda tipis. Berikut nama pemenang Tunas Daihatsu 1st Priangan Timur Region Automotive Technical Skill Contest For Technical High School 2016:

Juara I           : Toni Sunandar total nilai 473,0 dari SMKN 1 Kawali, Ciamis

Juara II          : Dede Reno Suryana total nilai 451,0 dari SMK Plus YSB Suryalaya, Tasikmalaya

J Juara II       : Dani Nugraha total nilai 469,2 dari SMKN 10 Garut

Pemenang dari kontes ini berhak membawa pulang hadiah sebagai berikut:

Juara I           : Beasiswa senilai Rp 3.000.000, Tropi, dan Piagam Juara I, plus mesin mobil Daihatsu

Terios (untuk sekolah)

Juara II          : Beasiswa senilai Rp 2.000.000, Tropi, dan Piagam Juara II

Juara III        : Beasiswa senilai Rp 1.000.000, Tropi, dan Piagam Juara III

Wacana kedepanya acara Automotive Technical Skill Contest For Technical High School ini bisa diadakan secara rutin. Dengan diadakannya ajang ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SMK bidang teknik otomotif, sehingga mampu bersaing di dunia industri nantinya.