top of page

Aki Mobil Mendadak Tekor? Jangan Panik! Kenali Penyebab dan Solusinya



aki perku dilakukan cek secara berkala untuk menjaga suplai arus listrik untuk menghidupkan mobil

Aki bagaikan jantung bagi kendaraan, ia memberi daya untuk menghidupkan mesin. Namun, layaknya organ tubuh, aki pun bisa mengalami keausan dan tekor, yang tentu saja membuat mobil tak bisa distarter. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan aki mobil tekor? Simak ulasan berikut ini ya Sahabat.


Logika dasar dari sebuah aki yang tekor adalah tidak seimbangnya antara suplai listrik aki dengan kebutuhan daya listrik pada mobil yang menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan atau bahkan sampai mati total. Indikasi ketika aki mobil tekor bisa diketahui dari bunyi klakson yang tidak normal.


Penyebab Aki Mobil Tekor


  1. Pemasangan aksesoris yang berlebihan Beberapa orang memang sering menambahkan aksesoris mobil tanpa memperhatikan kapasitas dari aki mobil. Akibatnya, kekuatan aki akan berkurang dan tidak optimal untuk menghidupkan mesin. Penggunaan aksesoris mobil seperti audio mobil, lampu variasi, klakson tambahan dapat menguras pemakaian aki secara berlebihan karena kebutuhan arus listrik yang meningkat sementara arus yang disuplai listrik jumlahnya tetap. Maka dari itu, penting juga untuk melakukan penggantian aki dengan kapasitas daya yang lebih besar.

  2. Mobil jarang digunakan Aki mobil akan tetap menyuplai arus listrik ke berbagai komponen mobil meski dalam keadaan mati. Jika mobil tidak dihidupkan dalam waktu yang lama, peluang dari aki untuk tekor sangat besar karena suplai yang terus menurun. Salah satu cara untuk mengatasi masalah aki yang lemah adalah dengan rutin menjalankan mesin mobil meskipun tidak digunakan secara aktif. Disarankan untuk menghidupkan mesin mobil minimal satu kali dalam seminggu agar suplai tegangan listrik ke aki dapat berjalan dengan baik.

  3. Kelalaian dari pengemudi Hal yang dianggap sepele nyatanya juga bisa membuat aki mobil tekor. Contohnya lupa untuk mematikan lampu mobil atau interior saat parkir, menyalakan headunit ataupun AC pada saat mesin mati. Ini tentu akan membuat listrik yang tersimpan pada aki terbuang percuma. Pastikan untuk tidak ceroboh sebelum meninggakan mobil dalam keadaan mesin mati.

  4. Masalah pada alternator Fungsi dari alternator adalah untuk menjaga kondisi aki supaya tetap penuh dan bisa menyuplai listrik ke berbagai komponen mobil. Alternator tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika komponen ini mengalami kerusakan.

Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Otomatis


Jika Sahabat adalah pengguna mobil bertransmisi otomatis, Sahabat bisa meminta bantuan dari mobil lain yang memiliki aki normal untuk melakukan proses jumper ini. Pastikan kedua kendaraan berada dalam posisi parkir terlebih dahulu. Selanjutnya, hidupkan mobil yang akan digunakan sebagai sumber daya. Sambil melakukan itu, sambungkan kedua aki dengan kabel jumper. Penting untuk memasang kabel pada terminal aki sesuai dengan polaritasnya. Pastikan semua perangkat elektronik di mobil penerima aki tidak aktif. Setelah itu, cobalah untuk menyalakan mobil yang aki-nya lemah. Biarkan mobil tetap menyala dan jaga putaran mesin di sekitar 1000 RPM selama beberapa saat (disarankan lebih dari 15 menit). Jika mobil dapat tetap menyala, lepaskan kabel jumper dengan hati-hati.


Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Manual


Sahabat bisa menggunakan metode jumper aki seperti pada transmisi otomatis. Namun, ada pilihan alternatif yang bisa digunakan untuk mobil dengan jenis manual, yaitu menggunakan dorongan. Cara alternatif ini memanfaatkan gerakan dorongan untuk menyalakan mesin mobil. Langkahnya cukup mudah. Pertama, atur transmisi mobil ke gigi 3 atau 4. Kemudian, tekan pedal kopling mobil sepenuhnya. Sambil melakukan itu, dorong mobil sejauh 5-10 meter. Setelah mencapai jarak yang tepat, lepaskan pedal kopling secara perlahan. Jika berhasil, biarkan mobil tetap menyala selama sekitar 20 menit agar aki bisa terisi kembali.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa aki merupakan komponen yang berperan penting untuk menghidupkan mobil. Untuk itu, Sahabat harus melakukan pengecekan aki mobil secara berkala ya.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


104 views0 comments

Comentários


bottom of page