top of page

Pentingnya Airbag pada Mobil Penumpang


Mengenal lebih dalam fungsi dari Dual SRS Airbag yang umum dijumpai pada mobil modern

SRS airbag adalah kepanjangan dari supplemental restraint system yang artinya sistem penahan tambahan untuk melengkapi fungsi dari sabuk pengaman. Dual SRS airbag merupakan teknologi keselamatan yang melibatkan penggunaan dua airbag di dalam kabin mobil.


Cara Kerja Dual SRS Airbag


Dual SRS Airbag dilengkapi sensor yang mendeteksi kecelakaan atau benturan signifikan dengan memonitor parameter seperti percepatan dan tekanan. Jika sensor mendeteksi kondisi yang memerlukan respons airbag, pemicu diaktifkan untuk melepaskan gas yang mengembangkan airbag dalam milidetik, memberikan perlindungan tambahan bagi pengemudi dan penumpang. Sistem ini dirancang untuk bekerja bersama sabuk pengaman, mengurangi potensi cedera kepala dan dada dengan menyerap energi tabrakan.


Syarat Dual SRS Airbag Mengembang


Dual SRS airbag akan mengembang jika terjadi tabrakan yang melebihi ambang batas yang ditentukan, umumnya pada kecepatan 25 km/jam saat menabrak objek yang diam seperti pada tembok misalnya. Namun, batas kecepatan bisa lebih tinggi ketika menabrak objek yang dapat bergerak saat terjadi benturan misalnya pada kendaraan lain. Hal ini juga berlaku apabila kendaraan mengalami benturan keras di bagian bawah.


Sahabat, fitur airbag yang terdapat pada mobil dapat mencegah pengemudi maupun penumpang dari resiko yang fatal. Namun pada dasarnya jangan sampai kita merasakan fitur ini bekerja, intinya selalu utamakan keselamatan dalam berkendara agar terhindar dari insiden yang dapat membahayakan keselamatan dan nyawa, selain itu risiko dari sisi perbaikan kendaraan yang mengalami insiden pastinya akan memakan biaya dan waktu.


Dual SRS Airbag merupakan langkah maju dalam teknologi keselamatan otomotif. Fitur ini juga hadir pada setiap line up mobil Daihatsu terbaru. Ini menunjukkan komitmen Daihatsu dalam menyediakan kendaraan yang tidak hanya nyaman dan efisien, tetapi juga aman untuk pengemudi dan penumpang yang tentu akan memberikan ketenangan dan kepercayaan diri saat berkendara.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



26 views0 comments

Comments


bottom of page