top of page

Cara Ampuh Menjaga Performa Mobil Injeksi Tetap Optimal


Mesin injeksi daihatsu sigra

Banyak orang yang mendammbakan kendaraan pribadi, namun tidak semua pemilik paham betul tentang kondisi kendaraannya. Hal ini perlu mendapat perhatian, terutama bagi mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi atau EFI.


Untuk menjaga performa tetap optimal, penting untuk melakukan perawatan mobil injeksi secara rutin. Berikut beberapa tipsnyan Sahabat.


Melakukan proses pembersihan pada setiap elemen sensor


Mobil injeksi memiliki banyak sensor, sekitar sepuluh macam sensor penting pada mobil injeksi. Sensor-sensor ini, seperti sensor tabung vakum, filter udara, dan nosel injektor, memiliki peran penting dalam menjaga kelancaran mesin.


Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil injeksi untuk melakukan perawatan rutin dengan membersihkan sensor-sensor tersebut. Sahabat bisa menggunakan pembersih kontak untuk membersihkan konektor kelistrikan.


Namun, perlu diingat bahwa setiap sensor memiliki cara pembersihan yang berbeda. Pastikan Sahabat mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk menghindari kerusakan pada sensor.


Membersihkan bagian throttle body


Throttle body merupakan salah satu komponen penting dalam mesin injeksi yang berfungsi untuk mengatur aliran udara. Bila jarang dibersihkan, kotoran dan permen karet akan menumpuk dan mengganggu aliran udara, sehingga kinerja mesin dan sensor throttle body menjadi terhambat.


Membersihkan throttle body secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Membersihkannya membutuhkan cairan khusus karena kotoran yang menempel sulit dihilangkan.


Berikut cara membersihkan throttle body:

  1. Nyalakan mesin mobil.

  2. Semprotkan cairan khusus pembersih throttle body ke bagian throttle.

  3. Biarkan mesin tetap hidup selama proses pembersihan untuk mengangkat kotoran.

  4. Matikan mesin setelah kotoran terangkat.

  5. Tunggu 15 menit sebelum menggunakan ponsel kembali.

Membersihkan throttle body secara rutin dapat membantu menjaga performa mesin, meningkatkan akselerasi, dan menghemat bahan bakar. Selain itu, penting juga untuk melakukan perawatan secara berkala, dimana idealnya adalah setiap 20.000 km.


Menjaga kesehatan nosel injektor


Nosel injektor merupakan salah satu komponen penting dalam mesin injeksi yang berguna untuk menyemprotkan bahan bakar. Karena itu, perlu adanya perawatan secara rutin demi kinerja yang dihasilkannya selalu prima. 


Bahan bakar berkualitas rendah dapat menyumbat lubang nosel dengan kotoran dan kerak. Akibatnya, cipratan bahan bakar terhambat, putaran mesin melambat, dan tarikan terasa berat. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan pengendara.


Lalu bagaimana cara membersihkannya? Sebenarnya perawatan mobil injeksi pada komponen ini cukup mudah. Sahabat hanya perlu mencampurkan cairan pembersih khusus ke dalam tangki bahan bakar.


Meskipun terkesan rumit, perawatan injeksi mobil sangatlah penting, terutama karena komponennya sering kotor akibat penggunaan yang sering. Pastikan Anda memperhatikan setiap komponen dan sensor pada mesin injeksi untuk menjaga performa kendaraan.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:

Instagram: @tunas.daihatsu 

TikTok: @tunas.daihatsu 

17 views0 comments

Comments


bottom of page