Daihatsu Rocky Hybrid akan Segera Mengaspal di Indonesia?



Ramai Electric Vehicle (EV) mulai berkeliaran di jalan raya di Indonesia. Melalui laman web Cintamobil,com telah menangkap gambar Rocky Daihatsu yang tengah dalam perjalanan. Tim Cintamobil.com mendapati mobil SUV (Sport Utility Vehicle)) kompak ini sedang melaju di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat saat mereka hendak menghadiri sebuah pertemuan di wilayah tersebut. Mobil berkelir biru tua metalik ini terlihat sedang menuju ke arah jalan tol Cikampek.


Di Jepang sana Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid ini tersedia dalam dua tipe yakni G yang dibanderol 2.163.000 Yen (atau setara Rp 269 juta rupiah) atau tipe Z di harga 2.328.000 Yen (atau sekitar Rp 290 juta rupiah).


Jika diamati dari sisi eksterior, ada beberapa pembeda yang terlihat secara kasat mata. Contohnya adalah warna biru yang tidak biasa ini. Kelir biru tua ini tidak ada di pilihan warna Daihatsu Rocky yang kini dijual di Indonesia.


Sekadar informasi, Daihatsu Rocky yang dijual di Tanah Air kini hanya memiliki delapan pilihan warna (dua warna Two Tone, dan enam warna Single Tone). Lalu di spion sebelah kiri terdapat kaca kecil untuk memantau posisi roda belakang sebelah kiri.



Sumber: Cintamobil.com


Keunggulan dari Rocky Hybrid adalah sistem hibrida yang bersumber dari mesin tiga silinder bersiklus Atkinson 1.200 cc berkode WA-VEX dengan tenaga 80,8 dk dan torsi 105 Nm, yang dikawinkan dengan motor listrik yang bisa memproduksi daya maksimum 104,5 dk dan torsi 170 Nm, serta baterai lithium-ion 4,3 Ah.


Teknologi Hybridnya cukup mengesankan, di mana motor listrik menggerakkan mobil, sementara mesin bensin berperan sebagai generator. Alhasil, mobil ini memiliki konsumsi BBM yang sangat rendah menurut siklus uji WLTP, yakni 3,6 liter/100 km.


Tempat kelahirannya di Jepang, Rocky e:Smart Hybrid mendapatkan fitur Smart Pedal, Electric Parking Brake (EPB), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, dengan revisi pada badge Daihatsu yang memiliki aksen biru dan desain grill honeycomb berkelir gelap.

Bukan cuma di Malaysia, Daihatsu dan Toyota juga tengah meniagakan model yang sama. Boleh dibilang kehadiran Daihatsu Rocky Hybrid patut dinantikan sebagai antisipasi permintaan mobil ramah lingkungan yang bakal meningkat, seiring dengan program popularisasi kendaraan listrik. (kumparan.com)


Semakin menarik ya lini produk Daihatsu, siapa yang gak sabar menantikan Rocky Hybrid rilis di Indonesia?

79 views0 comments