Hanya dalam Hitungan Detik, Begini Rahasia Pintu Tol Bisa Membedakan Golongan Kendaraan


MinTu takjub dengan kecepatan sensor dari Gerbang Tol Otomatis atau GTO yang bisa mengetahui secara akurat kendaraan yang melewati gerbang tol. Coba Sahabat bayangkan, didepan kita ada truk besar yang sudah jelas merupakan kendaraan golongan 2 lalu kita masuk ke gerbang yang sama. Tentu harga atau biaya tol yang dibayarkan berbeda. Lalu apa rahasianya?


Mungkin bila di gerbang tol ada petugas berjaga, Sahabat akan berpikir penggolongan itu dilakukan oleh petugas tersebut. Namun, di zaman sekarang, makin banyak gardu tol yang justru tidak dijaga oleh petugas.


Bila dilakukan secara manual, seperti disebutkan di atas maka penentuan golongan dilakukan oleh petugas di dalam control room. Adapun tarif tol yang dikenakan akan disesuaikan dengan golongan kendaraan yang melintas.


Kedua, adalah deteksi sensor dengan menggunakan perangkat Automatic Vehicle Classification (AVC). AVC ini sudah terpasang di beberapa gerbang tol untuk menentukan golongan kendaraan secara otomatis. Perangkat AVC terdiri dari beberapa sensor infra merah dan didukung perangkat kamera yang telah dibekali teknologi deep learning Artifical Intelligence. Dengan begitu, sensor dapat dengan mudah mengenali jenis kendaraan yang lewat di gerbang. Secara otomatis, tarif juga akan keluar sesuai golongannya.


Perlu diketahui, berdasarkan Keputusan Menteri PU No.370/KPTS/M/2007 golongan kendaraan di tol ada enam. Golongan I terdiri dari sedan, jip, truk kecil, dan bus. Golongan II adalah truk dengan 2 gandar. Kemudian kendaraan yang masuk golongan III adalah truk 3 gandar.


Beralih ke kendaraan golongan IV yakni truk dengan 4 gandar, golongan V truk dengan 5 gandar, dan terakhir golongan VI merupakan kendaraan bermotor roda dua. Adapun masing-masing golongan memiliki tarifnya tersendiri.


15 views0 comments