top of page

Alarm Mobil Bunyi Sendiri? Beberapa Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya


Alarm mobil merupakan sistem keamanan yang dipasang pada mobil untuk memberi peringatan ketika terjadi tindak kejahatan.

Alarm mobil merupakan sistem keamanan yang dipasang pada mobil untuk memberi peringatan ketika terjadi tindak kejahatan. Komponen alarm mobil mencakup sistem yang sederhana, seperti lampu atau sirene yang aktif saat mobil terguncang atau pintu dibuka tanpa kunci. Di sisi lain, juga bisa termasuk sistem yang lebih kompleks, seperti sistem keamanan terintegrasi dengan GPS atau smartphone, yang mampu memberi notifikasi kepada pemilik mobil ketika ada aktivitas mencurigakan.


Alarm biasanya berbunyi saat kendaraan menghadapi ancaman yang berpotensi merugikan. Namun, terkadang, beberapa individu mengalami situasi di mana alarm mobil terus berbunyi tanpa ada ancaman yang nyata terhadap kendaraan. Tentu saja, hal ini dapat menjadi gangguan.


Untuk mengatasi situasi tersebut, Sahabat perlu mengetahui apa saja penyebab masalahnya. Simak beberapa penyebabnya dibawah ini.


Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus:


  1. Pintu Belum Menutup Sempurna Meskipun terlihat sepele, pintu mobil yang belum menutup sempurna bisa menjadi sebab mengapa alarm terus - menerus berbunyi. Karena senor alarm bisa mendeteksi sinyal dari pintu sebagai bagian dari sistem keamanannya. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat bisa memanfaatkan sensor lampu pada kabin mobil. Jika lampu tetap menyala setelah pintu ditutup, itu berarti ada pintu yang belum tertutup rapat. Lampu akan mati saat pintu sudah tertutup sempurna. Cobalah untuk membuka dan menutup pintu untuk memastikan alarm mobil tidak berbunyi terus-menerus. Itulah mengapa sensor pintu penting dalam mobil.

  2. Sensitivitas Modul Alarm Modul bisa jadi penyebab lain alarm mobil bunyi terus - menerus. Modul alarm berfungsi untuk menangkap getaran di sekitar mobil. Getaran bisa berupa suara, kendaraan lain, hingga gerakan objek yang melintas di sekitar mobil. Semakin sensitif modul alarm, semakin mudah ia mendeteksi getaran sekitar mobil, bahkan gerakan hewan kecil sekalipun bisa memicu alarm berbunyi. Untuk mematikan alarm, cukup turunkan sensitivitas modul pada alarm mobil.

  3. Baterai Central Lock Bermasalah Central lock adalah perangkat yang mengunci semua pintu mobil dari satu tombol. Namun, masalahnya, central lock bisa memicu alarm berbunyi terus karena baterai pada kunci kontak yang sudah habis daya. Ketika baterai central lock mati, Anda harus membuka pintu secara manual, yang kemudian memicu alarm terus berbunyi. Solusinya adalah mengganti baterai segera jika Anda merasa baterai central lock akan habis, untuk menghindari membuka pintu secara manual dan membuat alarm terus berbunyi.

  4. Kerusakan Pada Komponen Alarm Alarm mobil yang berbunyi terus bisa disebabkan oleh kerusakan pada sistem alarm itu sendiri. Periksa sistem alarm untuk menemukan komponen yang rusak. Sahabat bisa membawa mobil ke bengkel Tunas Daihatsu untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi. Kerusakan komponen dapat mengakibatkan alarm berbunyi tidak wajar, jadi segera melakukan penggantian komponen tersebut.

  5. Kerusakan Pada Sensor Kap Mesin Alarm yang terus berbunyi juga bisa disebabkan oleh sensor kap mesin yang rusak. Sensor yang bermasalah akan mendeteksi kap mesin selalu dalam keadaan terbuka, sehingga memberikan sinyal ke alarm untuk berbunyi. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuka dan menutup kembali kap mesin, kemudian tekan tombol kunci pada remot mobil.


Sahabat, dengan melakukan tindakan pencegahan dan perawatan yang sesuai, tentunya bisa mencegah alarm mobil berbunyi terus dan memastikan keamanan mobil terjaga. Jika masalah alarm tetap berlanjut, segera kunjungi bengkel Tunas Daihatsu untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut.






Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu







21 views0 comments

Comentários


bottom of page