top of page

Pentingnya Memahami Airbag untuk Keselamatan Berkendara


Airbag menjadi fitur penting dari keselamatan berkendara

Airbag menjadi fitur keselamatan penting pada mobil sebagai pencegah terjadinya benturan di kepala pengemudi serta penumpang bagian depan. Saat ini sudah banyak mobil yang juga meletakkan airbag di bagian samping mobil selain airbag yang berada di bagian depan.


Peletakkan Posisi Airbag


Airbag mobil biasanya tersembunyi dan aktif saat kecelakaan, terletak di bagian depan dan samping mobil. Sejak 1999, airbag depan menjadi standar keselamatan untuk semua kendaraan. Meskipun airbag samping tidak wajib, banyak pabrik yang memasangkannya sebagai standar.

Airbag di depan dan samping dapat mengurangi kecelakaan fatal hingga 29% dan 32% bagi pengemudi dan penumpang depan. Airbag samping juga melindungi kepala dan mengurangi risiko kematian pengemudi dari samping hingga 37%.


Para insinyur terus mencari cara dalam meningkatkan keamanan airbag. Ada airbag khusus di kaca belakang untuk melindungi penumpang belakang dari tabrakan belakang. Selain itu, airbag samping mengurangi risiko cedera antar penumpang saat kecelakaan.


Fungsi Airbag Pada Mobil


Airbag adalah fitur keselamatan yang melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera saat kecelakaan. Namun, airbag tidak selalu aktif dalam setiap kecelakaan, jadi pengendara harus tahu kapan airbag akan teraktifasi dan selalu menggunakan sabuk pengaman sebagai pelindung utama. Biasanya, airbag aktif segera setelah kecelakaan untuk melindungi berbagai bagian tubuh. Tanpa adanya airbag dan penggunaan hanya sabuk pengaman bisa menyebabkan cedera serius pada kepala dan dada. Airbag membantu melambatkan gerakan penumpang saat kecelakaan.


Bagaimana Cara Kerja Airbag?


Airbag bekerja secara otomatis saat sensor mendeteksi perlambatan cepat dan benturan keras. Sensor ini biasanya terletak di depan dan mengirim sinyal untuk mengisi airbag dengan gas nitrogen. Saat kecelakaan, airbag melepaskan gas nitrogen untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang, namun gasnya tidak berbahaya. Pastikan selalu memeriksa kondisi airbag dan lakukan servis rutin di bengkel resmi Daihatsu untuk menjaga kinerjanya.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu





23 views0 comments

Commentaires


bottom of page