top of page

SAE Pada Oli Mobil, Apa Fungsinya?


dalam penggantian oli, penting untuk mengetahui spesifikasi oli yang ingin kalian ganti

Banyak dari konsumen yang merasa bingung ketika harus melakukan penggantian oli kendaraan karena tidak memahami arti kode SAE yang tertera pada kemasan oli mesin. Bahkan kebanyakan orang sepenuhnya bergantung pada rekomendasi mekanik bengkel karena tidak mengerti kode SAE tersebut.


Namun, sebenarnya, pilihan oli berdasarkan kode SAE tersebut mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang digunakan. Oleh karena itu, penting sebagai bagi setiap pengendara untuk memahami kode ini agar tidak salah memilih oli mesin.


Arti Kode SAE Pada Oli Mobil


SAE atau Society of Automotive Engineer adalah suatu lembaga internasional yang menetapkan standardisasi kekentalan pada oli mobil supaya penggunaannya tidak merusak mesin kendaraan.


Di kemasan oli, Sahabat akan menemukan kode seperti SAE 10W-30, 10W-40, atau 20W-40, 20W-50. Huruf 'W' yang mengikuti angka merupakan singkatan dari 'Winter'. Formula oli disesuaikan untuk kondisi musim dingin dan musim panas, sehingga saat suhu mobil rendah, oli tidak akan menjadi terlalu kental. Dengan demikian, angka pertama menunjukkan viskositas oli pada suhu dingin, sementara angka setelah huruf 'W' atau yang paling belakang menunjukkan viskositasnya saat mesin dalam kondisi beroperasi atau panas.


Makin besar angka pada kode oli menunjukkan tingkat kekentalan yang lebih tinggi dalam kondisi tersebut. Pada daerah dengan suhu yang lebih dingin, tingkat kekentalan cenderung lebih rendah, seperti pada kode SAE 5W-35. Semakin kecil angka 'W', maka oli akan menjadi lebih encer pada suhu dingin. Sebagai contoh, oli dengan kode 5W-30 akan lebih mudah mengalir daripada 10W-30 pada suhu dingin. Sebagai informasi tambahan, pengujian dilakukan pada suhu -30 dan -35 derajat Celsius.


Tentunya semua mobil Daihatsu telah menggunakan oli terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, salah satunya adalah dengan memperhatikan kode SAE. Oleh karena itu, tak heran jika performa semua mobil Daihatsu dinilai baik dan dapat mendukung kegiatan penggunanya.


Sahabat, lakukan penggantian oli secara rutin setiap kali servis berkala supaya performa mesin mobil kalian tetap terjaga.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



.


28 views0 comments

Comments


bottom of page