top of page

Waspada Rem Blong! Kenali Ciri - Ciri Master Rem Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya



master rem yang rusak akan sangat berbahaya jika dipaksakan untuk jalan

Kendaraan yang Sahabat miliki jelas merupakan aset berharga yang perlu dijaga dengan baik, termasuk sistem remnya. Jika sistem rem rusak, seperti pada bagian master remnya maka akan terjadi masalah serius dan berbahaya yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami tanda-tanda kerusakan pada master rem serta cara mengatasinya.


Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak 


Sebelum mengetahui tanda-tanda kerusakan pada master rem mobil, penting untuk memahami pengertian dari komponen ini terlebih dahulu. Master rem adalah istilah yang merujuk kepada sebuah elemen kunci dalam sistem pengereman yang bertanggung jawab atas pengaturan tekanan rem yang diterapkan pada semua roda.


Kehadiran komponen ini memastikan bahwa kendaraan dapat berhenti dengan aman dan efisien saat pedal rem diinjak. Untuk keamanan Anda, penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa master rem mengalami kerusakan.


Warning Light 


Tanda awal kerusakan pada sistem rem mobil dapat terdeteksi oleh pengemudi melalui penampilan lampu peringatan rem di dashboard yang menyala.


Karet Rem Mengalami Perubahan Bentuk


 Seal rem atau karet rem merupakan bagian dalam sistem pengereman yang berfungsi sebagai pencegah kebocoran oli dan mencegahnya terjadinya resapan ke bagian pelat rem. Penting bagi aliran minyak rem untuk tetap dalam keadaan normal. Namun, jika aliran rem tidak normal, bisa menjadi akar masalah pada master rem. Kondisi ini sering kali terjadi karena seal pada master rem tidak berfungsi dengan baik.


Rem Mobil Jadi Tidak Responsif


Jika master rem mengalami kerusakan sendiri, ini bisa membuat kinerja rem menjadi tidak responsif. Meskipun masih bisa digunakan, mungkin perlu menginjak pedal rem beberapa kali untuk memastikan kembali fungsinya yang normal. Kondisi ini sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Oleh karena itu, disarankan untuk segera memeriksa master rem untuk menghindari potensi masalah yang lebih serius di jalan.


Bunyi Desis Saat Menginjak Pedal Rem


Ciri lainnya dari master rem mengalami kerusakan adalah  sensasi bergetar pada mobil ketika pengereman tengah dilakukan. Kehadiran getaran tersebut dapat mengurangi efisiensi pengereman, sehingga tidak boleh diabaikan.


Lalu bagaimana cara mengatasi master rem supaya tidak rusak? Karena memiliki peran yang signifikan, penting bagi Sahabat untuk memahami langkah-langkah dalam mengatasi kendala ini. Berikut adalah beberapa cara untuk menangani kerusakan pada master rem mobil.


  1. Lakukan pengecekan terhadap kualitas cairan rem karena cairan yang tidak baik dapat menyebabkan masalah pada sistem rem utama.

  2. Perhatikan kondisi kampas rem karena komponen ini memerlukan penggantian secara teratur jika sudah aus.

  3. Periksa kondisi rotor rem jika terdengar ada suara getaran atau desisan.


Master rem merupakan bagian krusial dalam kendaraan bermotor karena terhubung dengan sistem pengereman yang berdampak pada keselamatan. Bagi pemilik mobil Daihatsu, penting untuk mengenali tanda-tanda kerusakannya. Dengan mengetahui gejala-gejala kerusakan master rem mobil, langkah pencegahan dapat diambil secara cepat.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu 

TikTok: @tunas.daihatsu 

Youtube: Tunas Daihatsu Official




56 views0 comments

Comentários


bottom of page