top of page

Aman Berkendara Selama Berpuasa


Berkendara aman selama bulan seci menjadi hal yang penting agar puasa jadi lebih bermakna

Mengemudi sambil berpuasa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalankannya. Untuk itu, MinTu mau membagikan beberapa tips penting berkendara yang aman saat memasuki bulan puasa. Simak tipsnya ya Sahabat!


Istirahat yang cukup


Disarankan bagi para pengemudi untuk merencanakan jeda istirahat yang baik selama bulan Ramadhan. Ini penting untuk menjaga fokus saat mengemudi sambil berpuasa, terutama bagi mereka yang harus melakukan perjalanan jauh. Hindari tidur terlalu larut dan usahakan untuk mengambil waktu istirahat setelah ibadah subuh. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup selama 7-8 jam sehari, tubuh akan terasa lebih segar.


Menerapkan pola makan yang baik


Meskipun sedang berpuasa, penting untuk tetap memperoleh nutrisi yang mencukupi. Ini diperlukan agar tubuh tetap memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan, baik saat sahur maupun berbuka. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sayuran, buah-buahan, dan daging setiap hari.


Selain itu, tambahkan suplemen ke dalam pola makan juga diperlukan untuk memastikan tubuh tetap dalam kondisi optimal. Beraktivitas seperti berkendara saat berpuasa tidak akan menjadi masalah asalkan kita bisa menjaga asupan gizi dengan baik.


Berkendaralah dengan aman


Selanjutnya, penting untuk menerapkan prinsip safety driving ketika berkendara. Karena tingkat konsentrasi mungkin saja tidak seoptimal saat tidak sedang berpuasa, hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi atau melakukan manuver yang tiba-tiba. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan selama perjalanan.


Mengingat bahwa bahaya kecepatan tinggi dan manuver yang tidak terduga seringkali terjadi bahkan dalam kondisi sehari-hari, lebih bijaksana lagi untuk menghindari risiko tersebut saat sedang berpuasa. Terutama saat berpuasa, risiko kecelakaan cenderung lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga kecepatan kendaraan pada tingkat yang normal dan stabil.


Utamakan sabar di jalan raya


Seringkali, pada hari atau momen tertentu kerap kali kita menjumpai kemacetan di jalanan. Hal ini biasanya ada di luar rencana atau kendali kita . Maka yang bisa Sahabat lakukan adalah sabar dan mengontrol diri. penting untuk tetap sabar saat menghadapi kemacetan atau masalah lain di jalan. Hindari untuk mudah terpancing emosi, terutama ketika melihat pengemudi lain yang bersikap kurang bijak dalam berkendara. Karena kemarahan hanya akan mengganggu konsentrasi dan akan menimbulkan resiko yang lebih fatal.


Melakukan persiapan sebelum berkendara


Penting untuk diingat bahwa ketika sedang berpuasa, terutama saat sedang mengemudi menjelang waktu berbuka. Persiapkan air minum atau makanan ringan agar dapat berbuka dengan nyaman. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan masalah di tengah perjalanan. Baik perjalanan jauh maupun pendek, penting untuk selalu memeriksa kendaraan demi kenyamanan dan keamanan selama berpuasa di perjalanan.


Itulah tadi Sahabat, beberapa tips supaya berkendara makin aman dan nyaman selama bulan puasa. Selalu bijaksana dalam berlalu lintas Sahabat! Kalau ada tips lain seputar berkendara selama bulan puasa, silahkan komentar di bawah ya.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


31 views0 comments

Comments


bottom of page