top of page

Ubah Embun Jadi Kehangatan dengan Defogger!


meski sepele, fitur ini mampu membantu pengemudi mengusir embun yang menempel pada kaca mobil.

Pernahkah Sahabat memperhatikan garis-garis cokelat yang melintang di kaca belakang mobil? Banyak yang mengira bahwa bagian tersebut hanyalah stiker biasa sebagai hiasan. Bagian ini namanya adalah defogger. Memiliki fungsi sebagai penghilang embun ketika mobil melaju di bawah hujan. Embun dan kabut yang menempel pada kaca mobil ini tidak hanya terjadi karena air hujan saja, melainkan juga terjadi karena adanya masalah di bagian pendingin atau AC mobil.


Embun bisa terbentuk akibat perbedaan temperatur antara kabin dan lingkungan luar. Saat udara luar lebih dingin dibandingkan di dalam kabin, embun mudah muncul. Contohnya, gelas berisi air dingin akan berembun di permukaan luarnya karena suhu air lebih rendah dibandingkan udara di sekitarnya.


Defogger terbagi menjadi dua jenis yaitu depan dan belakang. Defogger pada kaca depan bekerja melalui kipas AC yang menghembuskan udara dari ventilasi di dashboard, disesuaikan dengan suhu AC saat itu. Sementara pada defogger kaca belakang menggunakan elemen panas pada kaca yang memanaskan dan menghilangkan embun. Meskipun elemen ini tidak terasa panas saat disentuh, cara kerjanya mirip dengan kompor listrik, dimana panas diinduksikan ke seluruh permukaan kaca.


Meskipun kelihatannya sepele, fungsi defogger sangatlah penting, terutama saat kalian menghadapi kondisi cuaca tertentu. Kali ini, kita akan mengulas manfaat defogger dan mengapa setiap mobil seharusnya dilengkapi dengan fitur ini.


Keselamatan & Kenyamanan


Alasan utama mengapa fungsinya menjadi penting adalah untuk menjaga keselamatan berkendara. Kabut atau embun yang terbentuk pada kaca mobil tentunya akan membuat pandangan pengemudi menjadi kabur, terutama pada pagi hari atau saat cuaca dingin. Ketika visibilitas terganggu, resiko kecelakaan pun meningkat signifikan. Hadirnya fitur defogger dapat membantu kaca tetap jernih dan visibilitas pengemudi terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, defogger juga dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang dengan menjaga kaca mobil tetap bersih dan jernih, serta mencegah kelembaban berlebih di dalam kendaraan.


Efisiensi


Saat kaca mobil berembun atau berkabut, pengemudi biasanya menyalakan AC atau kipas angin dengan kecepatan tinggi untuk membersihkannya. Tindakan ini tentu dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros karena membebani sistem pendinginan mobil. Penggunaan defogger akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dibandingkan AC atau kipas angin.


Begitulah tadi ulasan mengenai defogger.Hadirnya fitur ini sangat membantu visibilitas pengemudi ketika terjadi embun. Oleh karena itu, pastikan selalu memeriksa dan merawat fungsi defogger mobil agar tetap berfungsi dengan baik, terutama saat menghadapi kondisi cuaca yang dapat mengganggu pandangan.


Namun perlu diingat, bahwa defogger sangat tidak disarankan digunakan secara terus menerus terutama jika cuaca panas. Karena hal tersebut bisa menyebabkan keretakan pada kaca mobil karena pemuaian yang diakibatkan perubahan suhu pada defogger atau garis-garis kawat.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu







26 views0 comments

Comentários


bottom of page