top of page

Apa sih perbedaan Oli Sintetis dengan Oli Non Sintetis?



Hal yang mendasar pada oli kendaraan yang perlu kita ketahui ialah perbedaan jenis Oli sintetis dan Oli non sintetis.


Oli Sintetis:


Oli sintetis tidak terbuat dari mineral minyak bumi, namun terbuat dari senyawa kimia buatan. Oli sintetis dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses serta dimodifikasi secara kimiawi. Jadi Oli sintetis ini tidak terbuat dri minyak mentah yang ditambah dari perut bumi.


Kelebihan Oli sintetis yang didapat karena proses kimiawi-nya ialah unggul secara struktur kimia dibandingkan oli yang berbahan dasar mineral. Hal ini terjadi dikarenakan proses produksi Oli sintetis yang lebih kompleks dan rumit


Karena pembuatan nya rumit, harga Oli sintetis jauh lebih mahal dibandingkan oli dengan berbahan dasar mineral. Biasanya Oli sintetis memiliki nilai SAE atau viskositas yang rendah alias lebih encer.


Oli Non Sintetis:


Khusus Oli non sintetis atau disebut dengan oli mineral merupakan oli yang terdiri dari base oli atau minyak bumi mentah. Karena itu, Jarak pemakaiannya lebih pendek dibandingkan dengan Oli sintetis.


Sebagai contoh, Oli non sintetis sendiri mempunyai jarak tempuh secara tertulis 3.000km, namun biasa digunakan oleh konsumen hingga 5.000km. Tak hanya itu, jenis ini juga dinilai memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan Oli sintetis.


Kekurangan Oli non sintetis antara lain cepat panas, mudah teroksidasi, cepat menguap, serta memiliki struktur molekul yang tidak rata sehingga dapat mempengaruhi kinerja mesin.


Jika masih bingung memilih Oli Sintetis atau Oli Non Sintetis yang terbaik untuk mobil kamu, Sebaik nya Sahabat ikuti saja rekomendasi dari pabrikan Mobil atau bengkel resmi ya.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

43 views0 comments
bottom of page