top of page

Berkendara Aman Saat Musim Hujan Dengan Ban Yang Tepat



Setiap pengemudi perlu memahami cara memilih ban mobil yang tepat untuk musim hujan. Penggunaan ban yang sesuai dapat meminimalisir risiko aquaplaning dan meningkatkan keselamatan berkendara. Simak tips berikut ini untuk pemilihan ban yang cocok.


Jenis-Jenis Ban Mobil yang Cocok Digunakan Untuk Musim Hujan


  1. Ban Comfort Ban Comfort, yang juga dikenal sebagai ban all season, adalah pilihan populer bagi pengemudi untuk penggunaan sehari-hari, , ban ini terbuat dari karet tebal yang memberikan daya cengkram kuat dan tahan lama. Alur ban yang kecil dan rapat membantu membuang udara dengan cepat, sehingga ideal untuk kondisi jalan basah. Ban jenis ini sangat cocok digunakan saat kondisi hujan karena dapat mencegah aquaplaning. Selain itu, ban comfort tidak berisik dan berdecit ketika digunakan pada permukaan jalanan yang basah.

  2. Ban HT (High Terrain) Ban HT dirancang untuk penggunaan di jalan raya beraspal mulus dan sedikit off-road. Cocok untuk mobil sedan, MPV, dan city car. Ban jenis HT ini ideal untuk musim hujan karena punya karakter yang senyap sama seperti ban berjenis comfort.

  3. Ban AT (All Terrain) Ban All Terrain (AT) adalah ban serbaguna yang dirancang untuk performa on-road dan off-road. Menggabungkan desain ban HT (Highway Terrain) dan MT (Mud-Terrain), sehingga cocok untuk digunakan di berbagai musim, baik musim panas maupun musim hujan.


Memilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan


Setelah menemukan jenis ban yang ideal untuk musim hujan, langkah berikutnya adalah memilih ban yang tepat. Berikut ini tipsnya.


  1. Sesuaikan profil ban dengan yang dianjurkan pabrikan Setiap mobil memiliki ban dengan profil yang berbeda-beda. Informasi mengenai profil ban ini dapat ditemukan di buku manual kendaraan yang diterbitkan oleh pabrikan mobil. Saat memilih ban, pastikan profilnya sesuai dengan standar yang ditentukan atau pilihlah profil yang lebih tinggi agar mobil tidak mudah limbung saat melewati jalanan basah.

  2. Pilhlah ban dengan medium compound Kompon ban merupakan bahan campuran untuk pembuatan ban yang menentukan karakteristik dan kinerjanya. Ada tiga jenis kompon ban utama yaitu soft, medium, dan hard. Umumnya penggunaan di Indonesia yang memiliki dua musim , yaitu musim hujan dan panas, ban dengan medium compound adalah pilihan tepat . Alasannya, ban medium tidak terlalu keras, dan memiliki motif dan alur yang tidak terlalu jarang atau rapat.

  3. Pilih ban dengan telapak motif bergaris dan alur jenis unidirectional Ketika musim hujan, genangan air kerap kali tidak bisa dihindari. Maka dari itu, penting untuk memilih ban mobil yang memiliki kemampuan untuk memecah air saat melewati genangan air. Karakteristik ban tersebut adalah memiliki motif bergaris dan alur ban yang unidirectional (searah). Selain itu, pastikan ban memiliki ketebalan tapak di atas 1,6 mm, void ratio berimbang, dan alur sirkumferensial lebih lebar dan banyak. 


Itulah tadi Sahabat, tips untuk memilih ban yang cocok untuk penggunaan musim hujan. Sahabat bisa berkonsultasi di bengkel resmi Tunas Daihatsu terdekat jika ingin melakukan penggantian ban yang cocok untuk musim hujan.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



30 views0 comments

Yorumlar


bottom of page