top of page

Baru Berkarir Mau Memiliki Mobil Impian?




Sahabat, siapa yang di sini salah satu cita-citanya adalah mempunyai mobil sendiri? Pastinya banyak di antara kita yang masih dalam tahap menggapai mimpi yang satu itu, ya. Mengingat banyak pertimbangan dan persiapan yang diperlukan sebelum membeli kendaraan roda empat yang satu ini.


Tapi gajiku pas-pasan nih, MinTu! Kayaknya gak mungkin kebeli deh. Jangan khawatir, Sahabat! Seperti kata pepatah—ada seribu jalan menuju Roma. Dengan perencanaan keuangan yang matang dan didukung oleh banyak faktor lainnya, bukan hal mustahil untuk seseorang yang gajinya pas-pasan UMR memiliki kendaraan impiannya suatu saat nanti.


Berikut beberapa tips ekstra dari MinTu!


1. Buat Target Jumlah Tabungan


Hitunglah jumlah dana yang sekiranya akan dibutuhkan termasuk untuk pajak, sertifikat, dan lain-lain. Tabungan yang harus dimiliki adalah sekitar 20% dari harga total mobil yang Anda inginkan. Sahabat dapat mulai mengatur keuangan secara rinci, juga dapat mencari pekerjaan tambahan demi merealisasikan mimpi tersebut. Jangan anggap remeh sisa uang dari kembalian berbelanja, Sahabat dapat mengumpulkan uang tersebut di dalam toples.


Selalu ingat tujuan menabung agar termotivasi!


2. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting


Ketika mengambil keputusan untuk menyicil mobil, Sahabat tentunya harus mengatur kembali skala prioritas dan menekan pengeluaran yang sekunder hingga tersier agar cicilan dapat dibayar dengan lancar. Cicilan mobil minimal disarankan tidak lebih dari 30% dari penghasilan Sahabat, agar menghindari kemungkinan mandek di tengah jalan.


3. Buat Rekening Khusus untuk Menabung


Hal yang satu ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya penting juga lho Sahabat. Pembuatan rekening khusus untuk menabung dapat menghindari kemungkinan dana terpakai untuk hal lain-lain, sehingga dipastikan tabungan Sahabat akan terjaga dan tidak melenceng penggunaannya.


4. Simpan Uang Bonus, THR, dan Uang Kaget Lainnya!


Mudahnya, anggap uang tambahan tersebut tidak ada! Kecuali kebutuhan yang sangat mendesak, lebih baik pendapatan selain gaji pokok tersebut langsung dialokasikan untuk ditabung saja ya Sahabat.


5. Dana Darurat: Tetap Harus Ada atau Tidak?


Dilansir dari laman resmi OJK, pengertian data darurat adalah dana yang disimpan untuk keadaandarurat; baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, atau bahkan ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara mendadak. Dari pengertian itu saja, sudah jelas dana darurat tetap harus ada dan diutamakan ya Sahabat. Dana darurat hadir supaya jika ada hal yang tidak terduga, maka uang tabungan tidak langsung tergerus habis.


Itu dia Sahabat beberapa tips dari MinTu buat kalian yang mau menabung untuk beli mobil. Semangat menabung ya, Sahabat!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

28 views0 comments
bottom of page