top of page

Begini Posisi Mengemudi Mobil yang Benar



Posisi mengemudi mobil yang benar akan sangat menentukan kenyamanan selama berkendara loh sahabat. Tidak sulit untuk mendapatkannya karena pengemudi hanya perlu melakukan beberapa pengaturan begitu masuk ke dalam kabin.


Memiliki posisi yang ideal memang sangat disarankan. Apalagi bagi mereka yang kerap berkendara jarak jauh atau dalam waktu lama. Salah posisi maka badan bisa mengalami pegal-pegal berlebih. Bahayanya lagi pada situasi tertentu posisi yang salah bisa berujung kecelakaan.


Selain itu, masih ada lagi poin-poin yang perlu dilakukan untuk untuk mendapatkan posisi mengemudi mobil yang benar. Informasi selengkapnya adalah sebagai berikut:


1. Mengeluarkan barang dari dalam kantong celana. Tujuannya agar tidak mengganggu posisi mengemudi.


2. Mengatur angle badan ketika bersandar. Untuk mendapatkannya disarankan pengemudi menaruh bagian bokong mentok dengan sandaran jok.


3. Bersandar dengan rileks. Usahakan punggung menyentuh sandaran jok.


4. Mengatur posisi sandaran jok mobil. Atur sandaran jok hingga posisi tulang belakang luruh dengan panggul.


5. Pastikan paha tertopang dengan baik di atas jok.


6. Atur jarak kaki ke pedal. Caranya dengan memajukan atau memundurkan jok mobil hingga kaki tidak terlalu menekuk, namun masih bisa menginjak pedal secara penuh.


7. Atur posisi tangan agar tidak terlalu menekuk ketika memegang lingkar setir.


8. Usahakan bahu tetap menempel pada sandaran jok ketika memutar lingkar setir.


9. Terakhir, atur headrest agar posisinya sejajar dengan kepala.


Pada mobil-mobil entry level mungkin tak semua pengaturan tadi bisa dilakukan karena keterbatasan fitur kendaraan. Namun sebagian besar langkahnya patut dicoba demi kenyamanan berkendara.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



28 views0 comments
bottom of page