top of page

Bioetanol Siap Dijual di Indonesia! Apa Itu?




Dilansir dari detikOto, Pertamina dikabarkan akan menjual bahan bakar minyak jenis Bioetanol. Biotenaol memang dapat diandalkan sebagai BBM non diesel pada kendaraan yang bersifat ramah lingkungan dan ekonomis.


Tahukah Sahabat, Bioetanol sendiri adalah istilah yang merujuk pada proses fermentasi bahan baku hayati. Sehingga sebenarnya banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar bahan bakar minyak yang satu ini, namun dari berbagai opsi, tebu menjadi alternatif favorit. Hal tersebut dikarenakan tebu lebih mudah menghasilkan etinol sebagai energi utama.


Teknologi produksi etanol pun diklasifikasikan dalam beberapa generasi berdasarkan proses fermentasinya. Seperti contohnya untuk tebu yang termasuk dalam produksi generasi pertama karena bekerja dengan cara mengkonversi gula sederhana lewat fermentasi langsung dengan bantuan yeast sebagai mikroorganisme utama 'penyebab' fermentasi.


Lebih lanjut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) turut mempertanyakan ketersediaan sumber bahan baku tebu. Diketahui, meski produksi tebu Indonesia memang menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun, Indonesia masih perlu mengimpor tebu demi memenuhi kebutuhan produksi gula masyarakat.


Kita tunggu aja kelanjutannya ya, Sahabat!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

bottom of page