Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Menguning

Updated: Dec 21, 2021


Sumber: Otomotif.kompas.com

Sahabat, Lampu atau headlamp pada mobil adalah salah satu komponen penting. Lampu mobil sendiri berfungsi sebagai penerang jalan saat berkendara di malam hari atau di terowongan sekali pun.


Sayangnya, banyak pemilik mobil sering mengabaikan perawatan lampu pada mobil. Lama-kelamaan mika lampu akan kusam atau tampak menguning. Penyebabnya sendiri karena faktor cuaca seperti panas atau hujan dan debu yang masuk melalui celah lampu.


Lampu mobil yang menguning dapat membuat pencahayaan pada malam hari berkurang. Dengan begitu, membuat penglihatan pengendara tidak nyaman. Dalam kondisi tersebut, tentu pengemudi harus waspada saat berkendara.


Bagaimana cara membuat tampilan lampu mobil kembali bersih seperti semula?


Pertama, Sahabat harus menyiapkan beberapa bahan-bahan seperti pasta gigi, compound halus, kain halus, dan wax dari berbagai merek yang bisa dibeli di toko. Selanjutnya, oleskan pasta gigi secara merata ke semua permukaan lampu yang terlihat kusam. Kemudian, gosok secara perlahan dengan lap bersih, hingga warna kekuningan pada lampu tersebut terlihat pudar. Ulangi proses ini, jika dirasa perlu.


Langkah kedua, oleskan compound halus secara merata pada permukaan lampu, kemudian gosok dengan kain lembut hingga compound terangkat semua.


Terakhir, oleskan wax dan gosok dengan kain lap yang baru, gosok secara merata. Lakukan hingga permukaan lampu terlihat bersih dan halus. Selanjutnya, bilas dengan air bersih, akan lebih baik lagi jika Sahabat mencuci dengan sabun. Hasilnya tampilan lampu mobil Sahabat akan terlihat lebih bersih dan bening seperti tampak baru.




11 views0 comments