top of page

Cara Pembayaran Pertalite menggunakan Aplikasi MyPertamina



Berita yang sedang ramai berebdar, tentang penggunakan aplikasi sebagai metode pembayaran untuk pembelian bahan bakar. Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) sedang merumuskan aturan berupa petunjuk teknis pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis subsidi dan penugasan seperti BBM RON 90 atau Pertalite.


Dalam catatan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan bahwa implementasi dari pelaksanaan penyaluran BBM Pertalite itu akan memanfaatkan infrastruktur digital. Salah satunya melalui aplikasi yang dimiliki PT Pertamina yaitu MyPertamina.


Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan bahwa setiap transaksi pembelian BBM jenis Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ke depan rencananya akan diintegrasikan dengan aplikasi My Pertamina. Sehingga masyarakat yang berhak membeli Pertalite harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada sistem aplikasi tersebut.


Dilansir dari CNBC Indonesia, Sejatinya aplikasi MyPertamina sudah ada sejak lama, masyarakat memang sudah bisa melakukan pembelian BBM dengan menggunakan aplikasi MyPertamina ini.

Aplikasi My Pertamina sendiri merupakan aplikasi layanan keuangan digital dari Pertamina dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja.


Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran pembelian BBM secara non-tunai di stasiun pengisian bahan bakar umum Pertamina. Setiap transaksi pembelian BBM menggunakan aplikasi My Pertamina, pengguna akan mendapatkan poin.


Untuk menggunakan aplikasi MyPertamina dalam pembelian BBM, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah unduh aplikasi MyPertamina dan daftar menjadi anggota. Pelanggan harus memasukan nomor telepon dan nama lengkap untuk mendaftarkan diri.


Lantas bagaimana sih cara pembayaran cashless menggunakan aplikasi MyPertamina?


1. Klik Bayar

Buka aplikasi MyPertamina lalu pada halaman utama klik "BAYAR".


2. Scan QR Code

Arahkan kamera handphone kamu pada mesin EDC SPBU Pertamina lalu scan QR code yang ditampilkan.


3. Konfirmasi Pembelian

Setelah harga dan jumlah liter yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian kamu dengan klik "BAYAR".


4. Masukan Pin LinkAja

Masukkan PIN akun LinkAja kamu.


5. Pembayaran Berhasil

"Selamat! Pembayaran cashless kamu menggunakan aplikasi MyPertamina berhasil. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan tukarkan ke berbagai voucher serta merchandise menarik di aplikasi MyPertamina," berikut bunyinya.


MinTu penasaran, nanti share pengalaman Sahabat menggunakan MyPertamina di kolom komentar ya!

125 views0 comments
bottom of page