top of page

Daihatsu Rilis Big Sedan?

Updated: Aug 29, 2022




'Saudara Kembar' yang biasa kita kenal adalah Xenia, Terios, Sigra, dan Ayla, tapi tahukah, Sahabat, ternyata ada satu Big Sedan dari Daihatsu yang memiliki saudara kembar. Yap, tentu saja, Daihatsu Altis.


Daihatsu Altis sudah ada di Jepang sejak tahun '90an serta mengisi pasar segmen Big Sedan. Mengambil basis Toyota Camry XV20, sekilas tidak ada perbedaan mencolok di eksterior Daihatsu Altis. Perbedaan justru terlihat pada logo Daihatsu yang diberi drop shadow berwarna biru muda, sebagai tanda bahwa Daihatsu Altis merupakan kendaraan Hybrid pertama Daihatsu di Jepang.


Posisi mengemudi dikondisikan pada visibilitas optimal. Posisikan baterai hybrid juga diletakkan di bawah jok kursi belakang untuk memaksimalkan ruang.


Altis dilengkapi mesin 2.5 liter, dikembangkan dengan teknologi terbaru hingga mencapai efisiensi bahan bakar yang signifikan. Selain itu, Altis juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense dan telah dikembangkan untuk mencapai peringkat bintang lima pada kinerja keselamatan tabrakan Japan New Car Assesment Program (JNCAP).



Image Source: https://www.motor1.com/photo/2212230/2017-daihatsu-altis/


Kini, di 2021 Daihatsu Altis facelift hadir dengan beberapa refreshment mencakup tampilan depan dan peningkatan fungsi keselamatan, meliputi fungsi deteksi pejalan kaki di malam hari, deteksi pejalan kaki saat mobil akan berbelok ke kanan atau kiri di persimpangan jalan, dan sistem respons atas kondisi pengemudi yang tidak biasa.



Image Source: https://www.motor1.com/photo/2212230/2017-daihatsu-altis/

Pada fitur yang terakhir disebutkan ini, sistem keamanan mampu mendeteksi jika pengemudi tidak memberikan respon dalam waktu tertentu, dengan menggunakan radar cruise control dan lane control support, sehingga kendaraan akan menurun kecepatannya, sambil memberikan sinyal (lampu hazard atau bunyi klakson), hingga akhirnya mobil berhenti dengan sendirinya dan membuka pintu secara otomatis. Tambahan lagi, kendaraan ini juga disematkan kelengkapan fitur E-Four (Electric 4WD System).


Kebayang ya kalau Daihatsu Altis dipasarkan di Indonesia, bisa mejeng di Vallet/VIP parking di pusat perbelanjaan ternama pastinya!




88 views0 comments
bottom of page