Daihatsu Rocky 'Panda'


Saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 14-18 September 2022 kemarin, ada yang berubah dari line up Daihatsu Rocky 1.2 ini. Jika pada sebelumnya tipe 1.2 ADS dibekali ornamen berwarna Chrome dan Matte Silver, maka Sahabat harus mengakui bahwa Rocky 1,2 X ADS yang ini justru memberikan kesan sporty.


Melihat spesifikasinya, Rocky 1.2 dibekali mesin tiga silinder WA-VE kapasitas 1.198 cc bertenaga 88,4 dk/6.000 rpm dan torsi 112,7 Nm/4.500 rpm. Berpadu dengan transmisi CVT dual mode yang sama, Rocky 1.2 berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 12,5 detik.


Melihat lebih dalam ke interior, tidak terlalu banyak ubahan dari tipe 1.2 X ADS umumnya. Namun, jika kita keluar ke bagian eksterior, hal yang berbeda justru terletak di beberapa aksesoris ADS yang berwarna hitam. Seperti Garnish Grille, Garnish bagasi belakang, cover spion, dan penempatan warna hitam pada Velg, menjadikan Rocky 1.2 X ADS ini terlihat lebih 'macho' dibandingkan dengan paket ADS berwarna Chrome Matte.


Pada saat masuk ke bagian kabin depan akan dihadapkan dengan door trim yang terdapat handle pintu warna krom dipadukan dengan power window auto pada sisi driver. Di Sisi kanan kemudi mobil terdapat tombol stability control dan kisi-kisi AC dengan lis silver dan dibaliknya ada lis warna merah. Untuk dashboardnya ini mengandalkan bahan material hard plastik yang merupakan standar pada kendaraan saat ini.


Pada sisi tengahnya dibekali dengan head unit layar sentuh yang sudah support Android Auto dan Apple CarPlay. Di bagian bawahnya terdapat kisi-kisi AC lis silver dengan tombol hazard pada bagian tengah. Pengaturan AC sudah menggunakan model digital namun belum auto climate. Sedangkan di bagian kiri terdapat airbag untuk penumpang depan, kisi-kisi AC lis silber & merah, cup holder dan tempat penyimpanan tertutup. Pada bagian atap terdapat sun visor yang dua-duanya sudah ada kacanya dipadukan dengan indikator passenger seatbelt. Di kabin depannya ini perpaduan warna hitam, silver dan merah.


Di bagian kemudi menggunakan perpaduan warna hitam dan silver. Palang sebelah kiri terdapat audio steering switch dan pengatur layar MID. Sedangkan pengaturan sebelah kanan digunakan untuk mengganti track. Pengaturan kemudi mobil hanya tilt saja dan belum telescopic.


Jok bagian depan menggunakan kombinasi antara warna hitam dan merah yang juga dilengkapi dengan headrest. Pengaturan jok pengemudi standar dan belum diberikan height adjuster. Sementara untuk kabin belakang terdapat seatbelt pocket di belakang jok penumpang depan. Jok belakang tidak ada lis warna merah seperti di bagian depan. Bagian ini mendapatkan 3 headrest adjustable dan dapat diatur reclining.


Dengan harga mulai dari 229,2 Juta (OTR DKI Jakarta), tidak ada perbedaan sama sekali dengan tipe 1.2 X ADS jika mengenai harga. MinTu punya panggilan tersendiri untuk Rocky 1.2 X ADS yang satu ini, yaitu Rocky Panda, mirip dengan sepatu dengan brand ternama, MinTu cocok gak ya nyetir Rocky pakai sepatunya?

233 views0 comments