top of page

Hal yang Bisa Mempengaruhi Perfoma Ban Mobil



Masih membahas seputar ban nih sahabat, berikut ini ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi performa ban mobil dimana melakukan pengecekan sebelum memulai berkendara adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan seperti tekanan angin ban dan beban muatan yang dibawa mobil. Selain itu, perhatikan juga cara berkendara.


1. Tekanan angin ban harus disesuaikan dengan muatan atau mengikuti standar yang telah di tetapkan, tidak boleh kurang ataupun lebih.


Ini terkait dengan semakin luasnya kontak area telapak ban dengan permukaan jalan guna menghasilkan daya cengkeram maksimal. Bila hal itu terjadi, maka usia Ban akan lebih lama dan tentunya lebih aman dalam berkendara.


2. Beban harus menyesuaikan antara kemampuan bobot maksimal ban dengan bobot barang yang di angkut.


Oleh karenanya, sangat disarankan agar muatan tidak melebihi kemampuan maksimal ban. Jika dilanggar, maka keamanan saaat berkendara menjadi taruhannya. Disarankan pula, dalam menata barang, keseimbangan dalam penempatan barang patut diperhatikan.


3. Kecepatan juga harus diperhatikan. Bila muatan penuh, maka harus ada toleransi terhadap kecepatan kendaraan.


Semakin berat muatan maka akselerasi maupun pengereman harus di perhatikan. Semakin berat beban Mobil, maka daya cengkreraman ban semakin berkurang. Kecepatan juga harus dikurangi agar tetap aman selama di perjalanan.


4. Gaya mengemudi agresif juga sangat tidak diperbolehkan.


Seperti sering menekan pedal gas hingga habis atau mengerem mendadak, dapat membuat pola pada telapak ban mobil cepat termakan akibat gesekan dengan permukaan jalan.Termasuk menikung atau pindah lajur tiba-tiba sehingga membuat ban harus bekerja keras menjaga keseimbangan mobil.


Beberapa hal tadi harus diperhatikan supaya kondisi ban tetap terjaga dengan baik.


Jaga selalu performa ban mobil mu tetap prima ya Sahabat! Jangan lupa melakukan pengecekan ban sebelum berpergian.



Instagram: @tunas.daihatsu




30 views0 comments
bottom of page