top of page

Harga BBM Naik! Begini Cara Mengakali Konsumsi BBM



Harga BBM nonsubsidi PT Pertamina (Persero) mengalami kenaikan per tanggal 1 Desember 2022 lalu. Dilansir dari situs resmi Pertamina, beberapa produk yang mengalami perubahan harga antara lain Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.


Meski Pertamina sedang meninjau penurunan harga BBM karena harga minyak mentah dunia tengah mengalami tren menurun, hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari Pertamina mengenai hal tersebut.


Di tengah ombang-ambing harga BBM, Sahabat bisa lho mengakali konsumsi BBM agar dapat berhemat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengimplementasikan Eco-driving saat mengemudi. Lantas, apa sih arti dari Eco-driving?


Eco-driving adalah cara mengemudi yang efisien bahan bakar dan biaya. Eco-driving juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polisi udara karena bersifat lebih ramah lingkungan. Dilansir dari 'Ecodriving Indonesia', berikut tahap-tahap pelaksanaan Eco-driving yang bisa Sahabat lakukan:


1. Cek tekanan ban sesuai standar pabrik & servis mobil secara berkala. Tekanan ban sesuai standar dapat mengurangi hambatan ban dan konsumsi BBM semakin efisien.


2. Tidak perlu panaskan mesin mobil. Ketika mobil berjalan, mesin akan panas sendirinya.


3. Gunakan AC pada suhu 20-23 °C. Pada kecepatan rendah, penggunaan AC sebabkan pemborosan BBM.


4. Injak pedal gas dan rem dengan halus dan lembut.


5. Pindah gigi seawal mungkin. Mesin bensin pada 2.500 RPM dan diesel pada 2.000 RPM.


6. Jaga kecepatan stabil di jalan tol. Pada kecepatan 110 kpj, konsumsi BBM akan lebih boros 15% dibanding kecepatan 80 kpj.


7. Bersihkan barang yang tidak diperlukan dari mobil. Beban ringan, konsumsi BBM efisien.


8. Waspada dan perhatikan lalu lintas. Jaga jarak aman, gunakan aturan 3 detik. Cara hitung 3 detik: 1001, 1002, 1003. Aturan 3 detik mengurangi penggunaan rem berlebih.


9. Mobil berhenti lebih dari 1 menit? Matikan mesin. Saat mobil berhenti, jumlah pemborosan BBM antara 25-50 mililiter per menit.


10. Rencanakan perjalanan lebih awal, gunakan GPS dan pilih rute terbaik. Jalan macet sebabkan BBM boros.

43 views0 comments

Comments


bottom of page