Harga Selisih Sedikit, Pilih All New Sirion R CVT atau Rocky 1.2 X CVT?


Menggebrak pasar hatchback terbaru Daihatsu, All New Sirion kembali memberikan penyegaran, mulai dari eksterior, interior, hingga teknologi yang melimpah. Siapa sangka, seluruh kelebihan tersebut dibukungkus dalam harga 236.8 juta. Harga ini hanya terpaut ratusan ribu dengan Daihatsu Rocky 1.2 tipe X CVT.


Lalu, manakah yang terbaik dari kedua produk tersebut?


All New Sirion dibekali mesin 1 NR-VE 1.300cc 4 silinder segaris, dengan tenaga 95 daya kuda plus torsi maksimal 121 Nm. Mesin turut digunakan oleh Xenia, jelas sudah teruji bagaimana reliabilitasnya. Sedangkan pada Rocky 1.2 X CVT, crossover ini mengandalkan mesin berkodekan WA-VE 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88 daya kuda serta torsi maksimal 112 Nm.


Transmisi menggunakan transmisi CVT Dual Mode. Teknologi Dual Mode yang digunakan mampu menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus hemat dalam hal penggunaan bahan bakar. Selanjutnya, putaran mesin yang diatur dengan transmisi CVT Dual Mode ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) untuk membuatnya bergerak.


Bicara Daihatsu Sirion, pada versi pre-faceliftnya saja mobil ini terasa lebih nyaman ketimbang Rocky baik dari segi suspensi maupun peredam kabinnya. Namun untuk keleluasan kabin, Rocky terasa lebih lebar. Hal ini dibuktikan berdasarkan dimensinya, di atas kertas Rocky memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm serta wheelbase 2.525 mm.


Menyoal dimensi Daihatsu Sirion, menurut spesifikasi mobil ini mempunyai panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm dan wheelbase 2.500 mm.



Interior All New Sirion


Sebagai informasi, untuk ground clearancenya Rocky lebih tinggi 50 mm dari Sirion. Dimana Sirion sendiri berada di angka 150 mm. Punya jarak permukaan kabin dengan tanah lebih tinggi, tentunya Rocky lebih bisa diandalkan ketika dibawa berpegian keluar kota.


Fitur Entertainment


Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, Daihatsu Sirion R CVT disematkan dengan head unit yang mendukung konektivitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. Tak hanya itu, sistem hiburannya juga dilengkapi fitur Smart Link yang mampu terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.


Memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan, setirnya telah dibekali switch control yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya. Untuk panel instrument clusternya, line up terbaru Daihatsu ini telah dilengkapi MID 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif serta tombol PWR mode di kanan stirnya.


Fitur All New Sirion


Selain itu juga didalamnya terdapat air purifier yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berkendara karena mendapatkan sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin. Di sisi lain, varian teratasnya juga dilengkapi tombol retractable di bawah pengaturan kaca spionnya.


Entertainment All New Sirion


Perlu diketahui, mobil ini telah dibenamkan tombol start/stop engine, pengaturan AC digital, peringatan pemakaian seatbelt, tombol untuk membuka dan mengunci pintu, serta saklar sensor parking yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.


Oh iya, versi facelift Daihatsu Sirion generasi ketiga ini juga mendapatkan Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Dengan adanya fitur ini tentunya juga dapat menghemat penggunaan BBM. Jika tidak ingin menjalankannya, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali menyesuaikan kebutuhan.


Entertainment Rocky 1.2 X CVT


Lantas bagaimana dengan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT? Seperti yang diketahui mobil ini telah dibekali sistem informasi berkendara dengan layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.


Pada sistem hiburannya sendiri disematkan head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Tak hanya itu, di mobil ini kalian juga bisa menjumpai beragam fitur seperti; audio steering switch control, AC digital, keyfree, start/stop button, alarm dan back sonar.


Fitur Keselamatan


Dari segi keselamatan berkendara Daihatsu Sirion R CVT mendapatkan 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan pada generasi faceliftnya.


Namun, untuk memberikan keselamatan secara lebih maksimal, pihaknya telah menambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Seperti yang diketahui fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver.


Bicara Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, mobil ini telah tersematkan dual front airbag, side impact beam, front disc brake, rear drum brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).


Kesimpulan


Seiisih harga yang terpaut ratusan ribu, baik All New Sirion dan Rocky 1.2 X CVT memiliki dua alam yang berbeda. Rocky dengan ground clearance lebih tinggi dibandingkan All New Sirion tentu sangat menyenangkan jika diajak berlalu lintas di medan yang kurang baik. All New Sirion akan jauh lebih indah melalui jalanan ibu kota, berhenti sejenak dari coffee shop ke coffee shop lainnya.


Performa akan menjadi alasan untuk memilih sebuah kendaraan, Rocky dengan mesin 3 silindernya tentu akan mencapai limitnya, terlebih getaran yang diciptakan menjadi ciri khas dari mesin 3 silinder ini. Berbeda dengan All New Sirion, dengan konfigurasi 4 silinder serta tenaga yang besar, membuat All New Sirion layak dipacu di jalanan ibu kota.


Mengenai fitur unggulan, tipe teratas Sirion ini lebih lengkap dibandingkan Rocky 1.2 X CVT. Sebenarnya bukan cuma fitur unggulan saja yang lengkap, fitur keselamatan Sirion juga lebih komplit yang tentunya dapat memberikan rasa aman kepada penggunanya ketika mengalami kejadian yang tidak diinginkan.


Tentukan pilihanmu ya, Sahabat!




82 views0 comments