top of page

Hindari Pencurian Pecah Kaca Mobil dengan Cara Ini



Sahabat, sekarang sedang marak pencurian dengan cara memecah kaca mobil. Kejadian ini tak pernah mengenal waktu, namun biasanya mereka seringkali melakukan aksinya di siang hari.


Pencurian dengan modus pecah kaca memang bukanlah hal baru. Cara memecahkan kaca tersebut juga cukup mudah, pecahan busi yang berbahan keramik dibasahi terlebih dulu kemudian serpihan kecil-kecil tersebut dilempar ke kaca yang tertutup rapat, lalu ketika kaca sudah retak pencuri langsung mendorong kaca ke arah dalam untuk merobohkan kaca mobil tersebut.


Sahabat dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah kerjadian tersebut. Berikut tips yang bisa kamu ikuti:



Parkir di tempat aman


Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau oleh pemilik mobilnya. Memang sebaiknya hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi. Khusus di malam hari, hindari parkir di tempat gelap.


Jangan menutup kaca secara penuh saat parkir


Terkhusus saat parkir di siang hari, kaca mobil sebaiknya dibuka paling tidak 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara untuk mengurangi panas dan tekanan udara dari dalam mobil agar tidak mempermudah pemecahan kaca.


Pasang alarm mobil



Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Hal ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan.


Pakai kaca film


Cara lain mencegah aksi pencurian kaca mobil adalah dengan memasang kaca film. Seperti diketahui, 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Untuk itu, disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas.


Simpan barang di tempat aman


Lebih amannya jangan meletakkan barang berharga di tempat yang tidak tertutup. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi


Selalu waspada dimana kalian berada ya Sahabat!


33 views0 comments
bottom of page