top of page

Jangan Asal Isi Ulang Tangki Air Wiper!



Sahabat, wiper menjadi salah satu fasilitas mobil yang perlu diperhatikan kondisinya agar visibilitas kita saat berkendara tetap optimal. Penggunaan wiper yang tidak memenuhi standar sama saja dengan mengabaikan keselamatan dan melanggar peraturan yang juga akan dikenakan sanksi.


Cara aman dan mudah tentang penggunaan wiper sebenarnya bisa Sahabat lihat di buku panduan yang sudah didapat saat pertama kali membeli kendaraan. Dengan mengikuti standar dari pabrik, paling tidak Sahabat sudah mendapat rasa aman saat berkendara terutama saat kondisi cuaca yang buruk. Buku panduan service kendaraan juga sudah mengatur kapan pengecekan dan penggantian spare part termasuk wiper.


Selain wiper-nya sendiri, Sahabat juga tidak boleh asal mengisi ulang tangki air wiper lho. Tabung reservoir yang selalu dalam volume aman memang penting, namun sangat tidak disarankan untuk pemilik kendaraan mengisinya dengan air keran jika volume cairan sudah sedikit. Hal tersebut dikarenakan air keran bisa jadi memiliki kandungan-kandungan tertentu yang dapat merusak kaca mobil.

Cairan wiper harus bisa menjalankan fungsinya sebagai pembersih debu, oli dan polutan pada kaca. Umumnya, cairan khusus wiper memiliki kandungan pH yang lebih baik untuk kaca depan, dan dicampurkan dengan air mineral dengan rasio tertentu.


Untuk Sahabat yang merasa wiper mobilnya sudah tidak bekerja dengan maksimal, bisa datang langsung ke bengkel Tunas Daihatsu ya!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

bottom of page