top of page

Jangan Sampai Mobil Mogok karena Hal Ini!



Sahabat, sistem pengereman mobil transmisi manual perlu dilakukan pengecekan dan pemeliharaan secara berkala agar tetap berfungsi maksimal. Mengingat komponen ini berfungsi untuk mengurangi atau menghentikan laju mobil saat berkendara.


Pemakaian secara berkelanjutan tentunya akan menurunkan kinerja rem dan daya cengkram seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini lah yang membuat perawatan sistem transmisi manual diperlukan bersamaan dengan servis berkala mobil agar tidak merusak komponen mobil lainnya atau menyebabkan mobil kehilangan daya saat digunakan.


Sebagai contoh, seorang WNA yang juga merupakan aktivis dan penulis Colm Downes mengalami bagaimana mobil yang dikendarainya mogok pada dini hari di jalan tol menuju Bandung pada Jum'at (03/11//2023) lalu. Usut punya usut, setelah dilakukan pengecekan oleh bengkel ternyata koplingnya sudah sangat tidak layak pakai.



Perawatan rem disarankan dilakukan setiap enam bulan atau jika sudah menyentuh kilometer 10.000 ya, Sahabat. Beberapa hal yang dilakukan saat perawatan sistem pengereman contohnya adalah pengampelasan disc brake (untuk yang menggunakan cakram), juga penggantian minyak rem sebagai perawatan pada kaliper.


Selama Sahabat rajin melakukan servis berkala, tidak perlu khawatir ya. Para montir di bengkel Tunas Daihatsu pastinya akan selalu memastikan mobil Sahabat dalam kendaraan prima. Jika Sahabat memiliki keluhan mengenai pengereman pada kendaraannya, silakan datang langsung ke bengkel Tunas Daihatsu terdekat, MinTu akan selalu siap membantu Sahabat!


Sumber: X (@ColminIndonesia), KOMPAS.com





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

留言


bottom of page