top of page

Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod!


tie rod harus selalu diperhatikan, karena sangat berpengaruh pada keselamatan pengemudi

Kemudi adalah komponen krusial pada kendaraan bermotor, karena merupakan alat yang digunakan pengemudi untuk mengarahkan kendaraan ke tujuan yang dituju. Namun, ada komponen lain yang sama pentingnya sebagai penghubung, yaitu tie rod. Tie rod merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem kemudi, jika mengalami keausan dapat menyebabkan ban cepat rusak dan membahayakan keselamatan pengemudi serta penumpang.


Tanda-tanda Kerusakan Tie Rod

Tie rod berfungsi sebagai penghubung yang tentu membutuhkan kondisi yang baik. Ketika mulai mengalami kerusakan, hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin dan bahkan mengancam keselamatan penumpang. Untuk menghindari bahaya tersebut, Sahabat harus mengenali beberapa tanda-tanda kerusakan tie rod:


  1. Keausan Ban Tidak Merata Ketika suspensi dan sistem kemudi sudah diatur dengan benar, beban kendaraan akan tersebar merata ke keempat ban. Namun, jika tie rod rusak, keselarasan akan terganggu sehingga ban akan mengalami keausan yang tidak merata. Penggantian tie rod yang baru diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

  2. Keselarasan Kendaraan yang Buruk Kerusakan pada tie rod akan berdampak langsung pada keselarasan kendaraan. Fungsi tie rod dalam mengarahkan roda kemudi saat berada di posisi tengah menjadi tidak optimal, menyebabkan roda tidak sejajar. Hal ini dapat mengakibatkan getaran pada kemudi dan perubahan arah kendaraan yang tidak diinginkan.

  3. Kemudi Tidak Responsif Kualitas kendaraan yang baik ditandai dengan kemudi yang responsif dan kencang. Namun, tie rod yang aus akan membuat kemudi terasa longgar dan menurunkan kinerja handling. Hal ini dapat mengakibatkan kendaraan tidak responsif terhadap pergerakan kemudi, yang dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

  4. Suara Denting & Gemetar Salah satu tanda awal kerusakan tie rod adalah adanya getaran atau sensasi goyang pada setir. Pengemudi mungkin akan mendengar suara derak, terutama saat membelokkan kendaraan pada kecepatan rendah. Hal ini disebabkan oleh ausnya tie rod, yang menyebabkan getaran pada sambungan. Kerusakan pada boot karet pelindung sambungan tie rod juga dapat menyebabkan masuknya kotoran dan pasir, yang menggantikan pelumas dan menyebabkan sensasi gesekan saat mengemudi.

Tanda-tanda ini tentunya harus diperhatikan Sahabat, karena dapat menjadi indikasi bahwa tie rod mulai mengalami kerusakan. Perawatan dan perbaikan segera diperlukan untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang terjamin.


Jika Sahabat ada kebutuhan untuk memeriksa atau merasakan kondisi tie rod yang sudah tidak optimal, disarankan untuk segera mengunjungi bengkel Tunas Daihatsu terdekat.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:

Instagram: @tunas.daihatsu 

TikTok: @tunas.daihatsu 




26 views0 comments
bottom of page