top of page

Klakson Mobil Mati? Cek Bagian-bagian Ini!



Sebagai salah satu fitur yang penting untuk kendaraan, klakson mobil yang mati pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara ya Sahabat. Mengingat kehadiran klakson juga berfungsi sebagai pertanda atau peringatan untuk kendaraan lain yang berada di sekitar kita saat berada di jalan.


Berikut beberapa komponen mobil yang perlu dicek jika klakson kendaraan Sahabat tidak berfungsi:


1. Kabel


Kabel yang terhubung ke klakson termasuk adalah komponen yang paling sering menjadi biang utama permasalahan klakson. Kabel yang putus, tumbuh jamur, berkarat ataupun korsleting bisa menjadi alasan utama mengapa klakson kendaraan Sahabat tidak berbunyi. Untuk mengeceknya, Sahabat dianjurkan melakukan test lamp yang bisa dilakukan pada bengkel Tunas Daihatsu terdekat ya.


2. Switch


Switch sendiri ialah komponen yang berada pada tombol klakson dan terhubung langsung dengan setir. Switch berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson ke sumber bunyi. Jika switch klakson bermasalah, maka suara klakson pun tidak akan terproduksi oleh kendaraan. Untuk mengetahui jika komponen ini yang bermasalah, memang perlu dilakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan klakson secara partikular sehingga bagian switch dapat diperbaiki.


3. Relay klakson


Salah satu komponen dari klakson lainnya adalah relay klakson. Relay klakson berfungsi sebagai penghubung sumber arus listrik ke klakson. Relay klakson yang sudah tua, sudah lama tidak dibersihkan, atau terkena kontak langsung dengan air dapat menjadi penyebab kinerja klakson pada kendaraan Sahabat tidak maksimal.


4. Sekring


Dalam instalasi klakson mobil, sekring berfungsi sebagai pengaman rangkaian listrik jika terjadi kelebihan muatan listrik atau hubungan arus pendek. Sekring pada mesin mobil sendiri memiliki banyak kode yang memiliki makna berbeda. Seperti 1 Fuse 10 A Sistem Klakson (Fuse HORN) memiliki arti bahwa kode tersebut adalah kode untuk sekring klakson mobil, serta berkekuatan sebesar 10 ampere. Jika klakson yang tidak berfungsi dapat dipastikan akibat sekring yang putus, Sahabat tinggal menggantinya dengan sekring klakson baru yang mempunyai tegangan arus listrik sebesar 10 ampere juga.


5. Saklar


Jika saklar terganggu, arus listrik tentunya tidak akan terkirim dan klakson tidak dapat berfungsi dengan baik. Saklar klakson sendiri memiliki fungsi untuk mengontrol aliran arus listrik dari baterai ke bagian klakson. Saklar yang penuh oleh kotoran menumpuk atau lempengan tembaga saklar yang berkarat dapat menjadi penyebab rusaknya saklar klakson.


Nah, melihat beberapa contoh di atas, hampir semua masalah klakson berhubungan dengan bagian dalam dan kelistrikan mobil. Sahabat yang memiliki masalah serupa, MinTu sarankan agar dapat mengunjungi bengkel Tunas Daihatsu terdekat untuk memastikan. Jangan lupa jaga selalu performa mobil keseluruhan dengan servis berkala ya, Sahabat!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

26 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page