Lima Tips Aman Berkendara untuk Wanita


Sumber gambar: Unsplash


Tahukah sahabat, Pengemudi wanita berpotensi membahayakan saat mengemudi terutama terjadi pada wanita yang baru bisa mengendarai mobil. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, resiko ini juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Wanita biasanya lebih cepat panik bila mengalami kejadian saat sedang berkendara. Dampak dari kepanikan tersebut bisa sangat berbahaya seperti salah menginjak pedal rem tetapi karna reaksi panik yang di injak bukan pedal rem melainkan pedal gas.


Selain itu, beberapa kebiasaan wanita yang biasa dilakukan saat berkendara dan kebiasaan ini bisa menjadi hal yang membahayakan. Berikut merupakan tips untuk wanita agar lebih aman dan nyaman saat berkendara.


1. Meminimalisir penggunaan aksesoris pada interior yang berlebihan. Aksesoris memang akan mempercantik interior yang ada dalam mobil anda. Namun jika Sahabat menggunakan aksesoris pada interior mobil terlalu berlebihan, hal itu akan membahayakan saat berkendara dikarenakan dapat menggangu konsentrasi anda saat mengemudi. Jika sahabat ingin menghiasi interior mobil anda jangan terlalu berlebihan ya!


2. Jangan menggunakan ponsel saat berkendara. Bahaya saat bermain ponsel saat anda sedang menyetir sangat besar potensinya. Sangat disarankan untuk menghindari menggunakan telfon genggam atau chatting saat berkendara karena akan mengganggu konsentrasi anda saat berkendara.


3. Hindari dandan saat berkendara. Pada umumnya saat wanita ingin pergi keluar mereka dandan sebelum berangkat. Namun tidak semua wanita seperti itu, ada juga yang dandan sekaligus mengemudi untuk mempersingkat waktu. Ingat sahabat, dandan saat mengemudi juga sangat berbahaya ya! Hal itu bisa mengganggu konsentrasi anda juga dan berpotensi berbahaya untuk pengemudi dan orang lain.


4. Letakan barang di tempat yang aman. Biasanya wanita membawa banyak barang saat pergi dibandingkan dengan laki-laki. Disarankan untuk meletakan semua barang bawaan di tempat yang aman agar tidak mengganggu konsentrasi saat mengemudi.


5. Pakai alas kaki yang nyaman. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi atau sandal. Selain tidak nyaman, menggunakan high heels/sendal yang juga dapat membahayakan saat mengemudi. Resikonya seperti licin atau terselip saat menginjak pedal.


Agar sahabat dapat fokus dan aman saat berkendara, hindari hal-hal tersebut demi menjaga keamanan dan keselamatan anda saat berkendara.

4 views0 comments