Masuk ke 'P' dahulu atau Tarik Rem Tangan terlebih dahulu?


Sahabat! Pasti banyak dari kita, termasuk MinTu, belum banyak tahu-menahu soal ini saat kita ingin mematikan kendaraan dengan transmisi otomatis. Pengoperasian mobil dengan transmisi otomatis memang cenderung lebih mudah. Namun demikian, pemilik kendaraan harus tetap mengetahui prosedur mengendarai mobil matic supaya mesin dan transmisi tetap awet.


Saat kendaraan sudah berhenti, pastikan sahabat menarik rem tangan terlebih dahulu lalu masukan tuas transmisi ke 'PARK' atau 'P'. Jika Sahabat melakukannya terbalik, maka posisi girboks akan mengunci dan akan berakibat fatal jika sering dilakukan. Alhasil, Sahabat harus merogoh kocek lebih dalam karena harus mengganti komponen sebelum waktunya.


Selain mengetahui cara parkir, ada beberapa hal lain yang bisa Sahabat terapkan supaya usia mobil matic lebih awet. Misalnya saat menyalakan mobil, ada baiknya, Sahabat menginjak pedal rem saat mobil dinyalakan. Ini untuk menghindari kemungkinan mobil loncat saat dinyalakan. Sebelum menyalakan, pastikan posisi tuas transmisi ada di 'P' atau N.


Kemudian saat berhenti di lampu merah, Sahabat juga disarankan untuk memposisikan tuas transmisi di 'N' atau netral. Hal tersebut dapat mengurangi beban kerja pada transmisi ketika mobil dalam posisi berhenti. Tak lupa, pengendara juga harus menginjak rem kaki dan bukan menarik rem tangan.


Lalu ketika di jalan menanjak atau menurun, Sahabat bisa memindahkan tuas transmisi ke gigi rendah seperti 1,2, atau L. Selain membuat transmisi lebih awet, ini juga bisa menambah keamanan ketika berkendara mobil matic.


Bagaimana, Sahabat? Kapok deh MinTu langsung main pindah ke 'P'!


33 views0 comments