top of page

Mau Beli Mobil Baru? Begini Caranya Test Drive!




Membeli mobil adalah keputusan yang besar. Oleh karena itu, ada baiknya memastikan kenyamanannya terlebih dahulu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan test drive. Test drive merupakan kesempatan untuk mencoba mobil tersebut secara langsung, sehingga Sahabat bisa merasakan kenyamanannya saat berkendara.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, test drive harus dilakukan dengan cermat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga segala aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil dapat diketahui. Berikut penjelasannya.


Bandingkan dengan mobil lain


Dealer mobil biasanya menawarkan test drive untuk beberapa model mobil. Manfaatkan kesempatan ini untuk membandingkan mobil-mobil tersebut. Hal ini penting karena setiap mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan membandingkan beberapa mobil, Sahabat bisa menemukan mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.


Rasakan duduk dibelakang kemudi


Hal mendasar yang wajib dilakukan saat test drive adalah merasakan sensasi duduk di belakang kemudi. Rasakan apakah kursi tersebut memang nyaman untuk mengemudi. Jangan ragu untuk memajukan atau memundurkan kursi untuk mencoba visibilitas Anda dalam mengemudi. Bahkan sangat penting bagi Anda untuk mencoba menggerakkan kemudi untuk menguji kenyamanan sistem kemudi.


Namun, tidak setiap saat Sahabat duduk pada kursi kemudi, sehingga penting juga untuk merasakan kursi penumpang. Ajak juga anggota keluarga atau saudara untuk masuk dan merasakan sensasi berada di dalam mobil tersebut. Pertimbangkan masukan dan pendapat dari sudut pandang anggota keluarga ataupun saudara.


Pilihlah rute yang dilalui


Jika Sahabat menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari, sebaiknya pilihlah rute test drive yang mirip dengan rute yang akan kalian lalui setiap hari . Dengan begitu, Sahabat bisa dapat menilai bagaimana performa mobil tersebut saat digunakan sehari-hari.


Namun, tidak ada salahnya juga untuk menjajal berbagai medan saat test drive untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyeluruh. Hal ini supaya dapat merasakan kualitas suspensi dan mesin mobil dengan jelas, baik di jalan rata maupun bergelombang.


Gunakanlah semua fitur pada mobil


Saat test drive, penting untuk memastikan bahwa fitur-fitur mobil yang dijelaskan oleh penjualan benar-benar ada dan berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan mencoba sendiri fitur-fitur tersebut. Jangan ragu untuk bertanya kepada sales, kalau Sahabat tidak memahami fitur atau istilah tertentu pada fitur tersebut.


Apakah harganya sudah sesuai?


Setelah melakukan test drive, Sahabat perlu membandingkan harga yang ditawarkan dealer dengan pengalaman berkendara yang dirasakan. Jika dirasa memang sebanding dengan pengalaman berkendara yang didapatkan, maka Sahabat bisa langsung membelinya. Namun, jika harga yang dirasakan terlalu mahal, ada baiknya untuk melakukan test drive dengan beberapa tipe mobil lain untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih sesuai dengan kebutuhan.


Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan test drive mobil baru. Jangan terburu - buru ketika melakukan prosesnya, untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang mobil yang ingin dibeli, sebaiknya lakukan test drive selama 30 menit atau lebih.


Bagi Sahabat yang mau test drive mobil Daihatsu, bisa kunjungi cabang Tunas Daihatsu terdekat dikotamu ya!


Instagram: @tunas.daihatsu






39 views0 comments

Comments


bottom of page