top of page

Mau Ganti Velg Mobil Tapi Tetap Nyaman? Begini Caranya!


Ganti velg boleh saja dilakukan selama mengikuti saran dari ahlinya

Banyak pemilik mobil gemar memodifikasi mobil mereka dengan aksesoris atau komponen aftermarket. Alasan utamanya adalah untuk tampil beda dan lebih keren. Salah satu modifikasi yang populer adalah mengganti velg mobil dengan ukuran lebih besar. Velg yang lebih besar dianggap dapat memberikan kesan lebih eksklusif dan meningkatkan estetika mobil.


Namun, penggantian velg mobil tidak bisa dilakukan sembarangan dilakukan, ini berkaitan dengan aspek keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Berikut hl - hal yang bisa Sahabat lakukan saat ganti velg mobil tanpa merusak suspensi agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.


Sesuaikan ukuran velg


Pabrikan mobil umumnya menyarankan penempatan velg maksimal 2-3 inci lebih besar dari standar. Contohnya, jika mobil Sahabat memiliki velg 15 inci, batas maksimal penempatannya adalah 18 inci. Melampaui batas ini dapat berakibat pada kenyamanan, keamanan, performa serta konsumsi bahan bakar. Pastikan juga dimensi ruang roda mobil Sahabat cukup untuk velg yang ingin dipasang. Memaksakan velg besar pada ruang terbatas dapat menimbulkan masalah seperti penginstalan, kerusakan ban, dan penanganan yang tidak stabil.


Kenali material velg


Velg mobil umumnya dibuat dari logam ringan seperti baja billet, paduan logam, dan magnesium. Bahan-bahan ini lebih ringan dari baja biasa, sehingga dapat meringankan bobot mobil secara keseluruhan. Hal ini menguntungkan karena mesin tidak perlu bekerja keras untuk memutar roda dan menggerakkan sistem pengereman, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja mobil. Selain itu, velg ringan juga dapat meningkatkan handling dan pengereman mobil.


Pilih profil ban yang tepat


Banyak orang yang mengabaikan pentingnya ban saat mengganti velg mobil. Mereka hanya asal pasang tanpa mempertimbangkan efeknya. Padahal, pemilihan larangan sangatlah penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dengan profil yang terlalu tipis akan membuat peredaman terasa keras dan berisiko merusak bibir velg saat menghantam lubang. Sedangkan ban dengan tapak terlalu lebar atau tipis akan mengganggu handling mobil. Oleh karena itu, penting untuk memilih profil ban yang tepat. Pastikan ban sesuai dengan spesifikasi mobil dan kebutuhan Sahabat.


Cek offset (ET) velg bawaan mobil


Offset, atau biasa disebut ET, merupakan jarak antara bagian tengah velg (garis tengah) ke permukaan velg terluar. Ukuran offset ini sangat penting untuk memastikan velg terpasang dengan aman dan terlihat estetis pada mobil. Jika offset tidak dipilih dengan tepat, velg dapat terlihat terlalu menjorok ke dalam atau keluar ruang roda. Hal ini tidak hanya berbahaya karena berisiko bersentuhan dengan komponen lain, tetapi juga membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik.


Sesuaikan PCD dengan bawaan mobil


PCD atau Pitch Center Diameter adalah layout dan ukuran baut roda. Apabila PCD mobil 4 x 100 artinya, mobil Sahabat menggunakan konstruksi baut roda sebanyak empat buah dan jarak antar baut adalah 100 mm. Beberapa ukuran PCD yang biasa diaplikasikan pada mobil antara lain, 4 x 100, 4 x 114, 5 x 100, dan 6 x 139,7 mm. Jika Sahabat sudah mengetahui PCD yang digunakan, maka sangat tidak disarankan untuk mengubah PCD bawaan dari mobil. 


Setelah memahami tips diatas, penting juga agar proses pemasangan velg dilakukan oleh profesional. Pemasangan oleh ahlinya akan memastikan velg mobil terpasang dengan nyaman, aman, dan tetap estetis. Tips di atas berlaku untuk semua jenis mobil, termasuk mobil Daihatsu.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:

Instagram: @tunas.daihatsu 

TikTok: @tunas.daihatsu 


18 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page