top of page

Mengapa Orang Malas Punya Asuransi Mobil?


Pentingnya punya asuransi kendaraan agar kalian tidak rugi jika terjadi hal yang tidak diinginkan

Asuransi kendaraan tampaknya belum menjadi pertimbangan utama ketika seseorang memiliki sebuah mobil. Banyak yang beranggapan bahwa asuransi hanya menjadi beban finansial bagi mereka. Sebenarnya ada beberapa alasan dibalik masih enggannya masyarakat memiliki asuransi pada kendaraan yang akan MinTu bahas kali ini.


Besaran Premi Tidak Sebanding Dengan Manfaat yang Diterima


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis aturan besaran premi yang ditetapkan untuk ditaati oleh perusahaan asuransi. Tentunya nasabah bisa memiliki proteksi kendaraan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial mereka. Namun, masih banyak yang enggan untuk membayar premi asuransi di awal padahal dampaknya belum dirasakan.


Di Indonesia, terdapat dua pilihan utama asuransi mobil yang umum dipilih masyarakat, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Masing-masing jenis asuransi ini memiliki perbedaan dalam hal cakupan manfaat dan besaran premi. Semakin besar besaran premi, tentunya manfaat yang dirasakan juga semakin luas.


Proses Klaim yang Dinilai Sulit


Banyak orang yang enggan mengasuransikan kendaraannya dengan asuransi mobil karena proses klaimnya yang dianggap rumit. Padahal, proses klaim asuransi mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Asuransi mobil dapat diklaim oleh setiap nasabah ketika terjadi kerusakan hingga kehilangan.


Untuk mempermudah proses klaim, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti fotocopy identitas pemegang asuransi, surat izin mengemudi, identitas kendaraan berupa BPKB dan STNK, gambar mobil saat terjadi kerusakan, dan mengisi formulir pendaftaran klaim asuransi. Dengan persiapan yang matang, proses klaim asuransi akan berjalan lancar dan cepat.


Proses Pendaftaran yang Rumit dan Memakan Waktu


Banyak orang enggan membeli asuransi mobil karena mengira proses pendaftarannya rumit. Anggapan ini tentu saja keliru. Faktanya, prosesnya mudah dan cepat, asalkan memenuhi beberapa persyaratan, seperti berbagai kelengkapan dokumen yang diperlukan. Setelah semua persyaratan terpenuhi, pengajuan asuransi dapat segera dilakukan.


Sahabat, di tengah situasi lalu lintas yang semakin padat dan kompleks, risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan pun semakin tinggi. Di sinilah asuransi kendaraan berperan sebagai pelindung yang tak tergantikan. Kejadian-kejadian tak terduga di jalan raya menjadi bukti nyata betapa pentingnya memiliki asuransi untuk melindungi diri dan kendaraan.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


24 views0 comments

Comments


bottom of page