top of page

Mengenal Phantom Traffic Jam: Si Penyebab Macet yang Tak Kasat Mata!



Lho, ternyata gak ada apa-apa! Terus dari tadi macet kenapa, dong?


Sahabat, ada yang pernah mengalami kejadian di atas? Setelah mengantri dan terjebak dalam kemacetan sekian lama, ternyata tidak terdapat kejadian atau hal penyebab macetnya. Padahal, mungkin kita sudah berasumsi banyak hal ya, seperti misalnya kecelakaan atau penyempitan jalan karena terdapat penggalian kabel listrik.


Ternyata fenomena ini punya namanya sendiri lho, Sahabat. Kondisi yang dapat terjadi di jalan biasa mau pun jalan tol ini dinamakan phantom traffic jam atau traffic jam ghost. Simpelnya, fenomena phantom traffic jam menggambarkan bagaimana terjadinya pelambatan gerakan mobil di sekitar kita yang diakibatkan oleh gerakan statis beberapa kendaraan. Akibatnya, mobil-mobil di belakang pun ikut mengurangi lajunya yang mana bisa menyebabkan kemacetan parah jika volume mobil terus bertambah.


Perpindahan jalur dan pengereman secara mendadak juga bisa menyebabkan phantom traffic jam. Oleh sebab itu, memang sangat penting untuk menerapkan kebiasaan mengemudi yang baik agar tidak merugikan diri sendiri maupun pengemudi lain. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghindari phantom traffic jam sendiri antara lain seperti menjaga jarak aman, dan lebih berhati-hati saat berpindah jalur, terutama di jalan tol yang rawan kecelakaan.


Menjelang libur natal dan tahun baru, selalu hati-hati dalam berkendara ya Sahabat! Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dengan melakukan servis secara berkala.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

46 views0 comments
bottom of page