top of page

Mengenal Standar Emisi Euro 4 pada New Daihatsu Terios



Sahabat mungkin ada yang pernah mendengar istilah standar emisi. Meski tidak sering dibahas pada kegiatan sehari-hari, tapi standar emisi juga menjadi salah satu regulasi hukum yang secara tidak langsung dapat berpengaruh pada kualitas udara daerah yang penuh dengan kendaraan bermotor. Mudahnya, standar emisi adalah persyaratan hukum yang mengatur polutan udara dilepaskan ke atmosfer dengan menetapkan batas kuantitatif jumlah polusi udara yang diperbolehkan diproduksi dari sumber dan jangka waktu tertentu.


Salah satu standar emisi yang dipergunakan oleh banyak negara adalah standar emisi Euro. Standar emisi Euro sendiri memiliki beberapa tingkatan angka, di mana semakin tinggi tingkatannya maka semakin kecil batas kandungan gas yang berbahaya pada manusia dan lingkungan diizinkan untuk dibuang. Indonesia sendiri saat ini masih memberlakukan standar emisi Euro IV, dengan detail kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin harus kurang dari 80 miligram per kilometer, 250 miligram per kilometer untuk mesin diesel, dan 25 miligram per kilometer untuk diesel particulate matter (sumber: Gaikindo).


Mobil-mobil Daihatsu pun sudah diproduksi untuk mengikuti pengaturan pemerintah ini, tidak terkecuali New Daihatsu Terios 2023.


Low SUV yang memiliki kapasitas 7 seater ini juga telah dibekali mesin 1.496 cc dengan kode 2NR-VE sehingga bisa menghasilkan tenaga 102,5 hp serta torsi puncak 136,3 Nm sebagai sumber tenaganya. Sistem transmisinya pun memiliki dua pilihan, yakni manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Selain itu, sistem penggerak roda belakangnya membuat Daihatsu New Terios 2023 lebih tangguh dengan perawatan yang cenderung lebih mudah.


Untuk informasi mengenai New Daihatsu Terios 2023, Sahabat bisa hubungi MinTu lewat live chat ya!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

bottom of page