top of page

Mengenal Throttle Body Mobil, Rahasia Dibalik Performa Mesin yang Optimal



Sahabat, Throttle body merupakan bagian dari sistem bahan bakar kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengatur aliran udara ke mesin. Peran penting throttle body adalah menjaga kinerja dan efisiensi mesin mobil.


Pernahkan Sahabat bertanya-tanya bagaimana mesin mobil bisa menghasilkan performa yang apik? Jawabannya terletak pada proses pembakaran bahan bakar yang sempurna. Salah satu kunci utama untuk mencapai pembakaran sempurna adalah aliran udara yang pas pada bagian mesin. Udara bagaikan elemen penting yang menentukan kualitas pembakaran. Di dalamnya terdapat peran penting throttle body, sebuah komponen yang mengatur aliran udara ke dalam mesin.


Fungsi dan Cara Kerja Throttle Body


Throttle body, atau katup gas, merupakan katup yang terletak di antara filter udara dan intake manifold. Katup ini berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk ke dalam mesin.

Ketika Sahabat menginjak pedal gas, throttle body akan terbuka, memungkinkan lebih banyak udara masuk. Semakin dalam Anda menginjak pedal gas, semakin besar pula bukaan throttle body dan semakin banyak udara yang masuk. Sebaliknya, saat pedal gas dilepas, throttle body akan menutup, membatasi aliran udara ke dalam mesin. Hal ini memungkinkan mesin untuk bekerja pada putaran idle.


Ciri-ciri throttle body bermasalah


Seperti komponen lainnya, throttle body juga dapat mengalami kerusakan. Berikut beberapa cirinya:

  • Mesin terasa loyo dan kurang bertenaga.

  • Putaran mesin tidak stabil.

  • Konsumsi bahan bakar meningkat.

  • Lampu check engine menyala.

  • Muncul suara kasar dari mesin.


Merawat throttle body dengan cara membersihkannya


Throttle body yang kotor dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan berbagai masalah. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan throttle body secara berkala.

Berikut beberapa langkah mudah untuk membersihkan throttle body:


  1. Matikan mesin dan biarkan dingin.

  2. Lepaskan selang udara yang terhubung ke throttle body.

  3. Semprotkan pembersih throttle body ke bagian dalam throttle body.

  4. Gunakan kain lap bersih untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam throttle body.

  5. Pasang kembali selang udara.

  6. Nyalakan mesin dan periksa apakah kinerjanya sudah membaik.


Seberapa sering throttle body perlu diservis?


Lakukan servis throttle body minimal setiap 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga responsifitas tarikan motor dan agar kendaraan Sahabat selalu nyaman digunakan. Perawatan yang teratur akan memastikan bahwa sistem bahan bakar tetap optimal, menghindari potensi masalah, dan memperpanjang umur mesin kendaraan.


Bagaimana Sahabat, sangat mudah bukan untuk perawatannya? Kalau kalian kurang yakin untuk melakukan servis throttle body sendiri, Sahabat juga bisa kok melakukan perawatan di Tunas Daihatsu.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:

Instagram: @tunas.daihatsu

14 views0 comments
bottom of page