top of page

Mobil Terasa Loyo dan Boros Bensin? Perhatikan Filter Udara!



Sahabat, filter udara yang kotor bisa berakibat buruk pada mesin loh! Simak penjelasan berikut ini ya


Seperti namanya, filter udara berfungsi untuk menyaring udara kotor sebelum masuk ke mesin.

Seiring dengan pemakaiannya filter udara mobil ini akan menjadi kotor. Idealnya, filter udara mobil ini harus dibersihkan setiap melakukan servis berkala.


Inilah beberapa efek buruk pada mesin mobil bila filter udara ini dibiarkan kotor alias  tidak dibersihkan.


Ruang Bakar Kotor


Filter udara mobil berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke ruang bakar. Jika filter udara kotor, debu dan kotoran tersebut akan masuk ke ruang bakar dan menyebabkan ruang bakar menjadi kotor. Hal ini dapat berdampak pada kinerja mesin dan emisi gas buang.


Tenaga Mesin Loyo


Filter udara mobil yang kotor dapat menyebabkan kinerja mesin menurun. Hal ini dikarenakan filter udara yang kotor tidak dapat menyaring udara dengan sempurna. Akibatnya, udara yang masuk ke mesin mobil menjadi kotor dan mengandung debu. Debu tersebut dapat membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat. Selain itu, tenaga mesin mobil juga akan berkurang dan terasa loyo, terutama saat membawa beban berat.


Boros BBM


Filter udara mobil yang kotor dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien. Hal ini karena filter udara yang kotor akan mengurangi jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya, pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna dan mesin mobil menjadi kurang bertenaga. Mesin mobil yang kurang bertenaga ini membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama.



Selalu jaga kebersihan filter udara pada mobil kalian ya Sahabat! Supaya performa mobil kesayangan kalian tetap terjaga dengan baik.



Instagram: @tunas.daihatsu





33 views0 comments
bottom of page