Ragam Alasan untuk Memilih Daihatsu Sigra sebagai Mobil Keluarga Muda


Minat akan sebuah kendaraan 7 seater masih tinggi, menurut Data Sales dari GAIKINDO, secara wholesales periode Januari - Juni 2022, Daihatsu Sigra berhasil didistribusikan sebanyak 21.190 atau berkontribusi sebanyak 23,5%.


Bicara penjualan secara retailsales pada periode yang sama, sebagai salah satu tulang punggung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara keseluruhan Sigra berhasil terjual 22.282 unit dengan kontribusi 24,5 %.


Harga Terjangkau


Daihatsu Sigra banyak dipilih keluarga muda karena untuk kapasitas daya tampungnya mobil ini sanggup diisi tujuh orang sekaligus. Bukan cuma itu saja, untuk harga barunya mobil ini juga terjangkau.


Saat ini, Daihatsu Sigra ditawarkan mulai dari Rp129,5 juta sampai dengan Rp174,7 juta untuk OTR DKI Jakarta. Selain harganya yang terjangkau, untuk pajak tahunannya mobil ini juga relatif murah. Sebagai contoh untuk Sigra D MT 2021, pajak tahunanya berada di angka Rp1,7 jutaan.


Fitur Value for Money


Meski harganya terjangkau, untuk fiturnya Sigra bisa dibilang cukup lengkap dan modern. Seperti yang bisa dilihat pada bagian luarnya mobil ini berhasil tersematkan smoked LED berwarna gelap. Untuk varian teratas mendapat tambahan foglamp, electric mirror with retractable, rear wiper, washer, dan shark fin antenna.


Melihat pada bagian interior, tampil lebih sporty berkat didominasi dengan sentuhan warna gelap, dari segi kenyamanan berkendara mobil ini telah dibekali sistem hiburan layar sentuh yang mendukung konektivitas radio, USB dan bluetooth. Bukan cuma itu saja, didalmnya kalian juga bisa menemukan air circulator yang berfungsi untuk mendistribusikan udara sejuk dari depan hingga baris paling belakang, laci penyimpanan barang di setiap baris, cup holder hingga baris kedua, serta seat under tray khusus untuk transmisi otomatis.


Bicara fitur keselamatan, Daihatsu Sigra dilengkapi dengan dual SRS airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ISOFIX, Side Impact Beam, ABS dan EBD, dan rear sensor parking.


Selain itu, di varian teratasnya mendapat tambahan berupa front corner sensor dan parking camera. Untuk keamanannya sendiri pabrikan melengkapinya dengan immoblizer serta main & spare key integrater with remote.


Sebagai informasi, pada baris keduanya Sigra punya teknologi one touch tumble untuk pelipatan sehingga penumpang baris ketiga bisa keluar masuk dengan mudah. Dengan kondisi semua bangku berdiri, bagasi Sigra mampu menampung empat tas ransel ukuran sedang. Apabila mebutuhkan ruang yang lebih luas, bangku baris ketiga bisa dilipat sehingga bisa memuat lebih banyak barang bawaan.


Tersedia dalam Dua Pilihan Mesin



Sebagai bentuk opsi sekaligus menyesuaikan kebutuhan serta keinginan konsumen, Daihatsu Sigra ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.0L dan 1.2L.


Untuk Sigra dengan mesin 1.0L seperti yang bisa kalian jumpai di varian D dan M, mobil ini memperoleh mesin berkubikasi 998 cc berkodekan 1KR-VE 1.0L 3-silinder segaris DOHC VVT-i yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 67 PS @6.000 rpm serta torsi maskimal 89 Nm @4.400 rpm.


Bicara varaian X dan R nya, Sigra menggunakan jantung pacu 1.2L 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-berkapasitas 1.197 cc yang mampu melecutkan tenaga sebesar 88 PS @6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm @4.200 rpm.


Mengenai transmisinya Sigra disuguhkan dalam dua pilihan, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.


Untuk mesinnya Daihatsu Sigra selain irit bahan bakar, mobil ini juga memiliki durabilitas tinggi sehingga jarang mengalami kendala saat digunakan.


'Tidak Bersahabat dengan Pom Bensin'


Masuk dalam kategori mobil murah ramah lingkungan, untuk konsumsi BBM nya Daihatsu Sigra terbilang irit. Disarankan oleh pabrikan untuk selalu mengkonsumsi bensin dengan RON 92, ketika pengujian dilakukan dengan rute jalan bebas hambatan Sigra 1.0L sanggup menempuh jarak 18,6 km/liter. Sedangkan Sigra 1.2L tercatat konsumsi BBM yang diperoleh mencapai 17,1 km/liter.


Selain teknologi VVT-i, faktor lain pendukung yang membuat mobil ini hemat bahan bakar yaitu adanya fitur ECO yang bekerja mengimbangi antara konsumsi bahan bakar dengan menghasilkan tenaga yang optimal.


Perawatan yang Mudah dan Murah


Berbagi platform dengan Ayla, soal perawatannya Daihatsu Sigra sangat mudah. Berbekal teknologi injeksi, Sahabat hanya cukup mengganti oli mesin, oli transmisi serta minyak rem dan air radiator secara teratur guna menjaga performa sekaligus keawetan mesin.


Selain itu juga Sahabat hanya cukup mengganti filter udara dan mengecek busi secara berkala. Mempunyai perawatan yang mudah, membuatnya sangat cocok dimiliki bagi Sahabat keluarga muda yang menginginkan mobil pertama.


Tak hanya perawatan yang mudah, untuk suku cadangnya mobil ini juga murah dan mudah didapat. Mudah dan murahnya mendapatkan suku cadang, dengan begitu Sahabat tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkannya.

9 views0 comments