top of page

Sahabat, Sudah Servis Berkala Belum?



Banyak dari kita yang mengesampingkan perawatan mobil yang dilakukan secara berkala karena kesibukan yang terlalu padat. Melakukan servis hanya ketika mobil terasa tidak nyaman dipakai atau merasa tidak perlu servis selama mobil bisa menyala saat dihidupkan kemudian menjadi kebiasaan. Padahal perawatan mobil berkala sangatlah penting untuk kendaraan kita lho Sahabat.


Tujuan dari servis berkala tidak hanya sekedar mengisi catatan pada buku perawatan berkala mobil, tetapi hal ini kita lakukan untuk menjaga performa mobil agar selalu dalam kondisi prima. Selain itu, kita dapat memenuhi komponen apa saja yang sudah memasuki batas masa pakai sehingga harus diganti. Mobil yang rutin melakukan servis berkala akan lebih aman bisa dikendarai, terutama jika Sahabat melakukan perjalanan jarak jauh.


Hal ini juga berlaku untuk kendaraan baru terutama untuk service pertama setelah 1 bulan penyerahan ke customer. Servis pertama yang dilakukan pada 1.000 km atau 1 bulan setelah penyerahan kendaraan ke Sahabat merupakan salah satu tahap penting bagi pemilik kendaraan baru untuk mengetahui kondisi kendaraannya. Langkah tersebut penting untuk memastikan bahwa kondisi kendaraan dalam keadaan sesuai standar dan bekerja atau berfungsi secara optimal.


Selain melakukan pengecekan pada kendaraan, servis pertama merupakan salah satu syarat agar garansi kendaraan tetap berlaku. Serta jika tepat waktu dan sesuai jadwal pengerjaannya tidak dikenakan biaya apapun alias free (gratis).


Lebih lanjut, Sahabat, tahukah kenapa servis berkala dalam jangka waktu maksimal 6 bulan sangatlah penting?


1. Rutinitas kemacetan yang dialami mobil.


Kendaraan yang secara rutin berjibaku dengan kondisi kemacetan di jalanan selama berjam-jam dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk kerja mesin yang berat. Pada keadaan tersebut, memang kilometer tidak akan berjalan banyak, namun mesin tetap menyala dalam kondisi yang cukup lama di tengah kemacetan. Itulah mengapa banyak kendaraan yang belum mencapai kilometer yang ditentukan.


2. Mengurangi resiko pengeluaran yang besar di kemudian hari.


Dengan perawatan secara berkala, fungsi dari masing-masing komponen akan tetap terpelihara dengan baik dan Sahabat tentunya akan terhindar dari kemungkinan kerusakan besar yang diakibatkan dari keterkaitan antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya. Jika kerusakan pada kendaraan terdeteksi sejak dini, tentunya biaya yang dikeluarkan akan berbeda dibanding saat kerusakan sudah parah.


3. Memperpanjang usia mesin dan mobil Sahabat.


Mengingat harga mobil tidaklah murah, sudah sewajarnya kita berharap kendaraan yang kita beli dapat berumur panjang. Perawatan rutin pada mobil adalah langkah paling mudah yang dapat kita lakukan sebagai upaya agar mobil dapat bertahan lama dan tidak 'sakit-sakitan'.


Sahabat dapat melakukan booking service di Tunas Daihatsu terdekat di sini ya! Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi MinTu di live chat.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Comments


bottom of page