Serba-serbi Rest Area 228A Ruas Kanci-Pejagan, dari MURI hingga Guiness Book of Record!


Mudik is back!


Mudik menjadi salah satu penutup bulan Ramadhan untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman untuk merayakan hari Raya Idul Fitri. Banyak moda transportasi yang dapat digunakan, mulai dari kereta api, bus, pesawat terbang, kapal laut hingga kendaraan bermotor.


Namun siapa sangka, dibalik persiapan fasilitas seluruh moda transportasi umum, penggunaan kendaraan bermotor masih menjadi pilihan pemudik. Hal yang menjadi kelebihan tentu tidak berdesak-desakan dengan pemudik lain bahkan dapat mengatur waktu kapan berangkat dan beristirahat.


Perlu persiapan yang matang, seperti mengatur waktu untuk beristirahat di Rest Area ruas jalan tol. Hal unik pun justru dapat ditemukan di Rest Area jalan tol sekaligus menjadi wisata singkat setelah melalui perjalanan yang jauh. Rest Area 228A ruas Kanci-Pejagan Cirebon, Jawa barat bisa menjadi salah satu titik istirahat bagi para pengemudi kendaraan roda empat.


Dilansir dari TribunNews,Tegal - Rest area tol tersebut dinilai memiliki fasilitas kamar mandi terbanyak di dunia. Jumlah itu tengah dicatatkan sebagai rekor di Guinness World Records.


Pengguna Tol Trans Jawa ruas Kanci-Pejagan kini bisa memanfaatkan keberadaan rest area dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan fasilitas toilet mencapai 308. Rest area dan SPBU tersebut dibangun oleh PT Retno Muda.

Jumlah toilet yang disediakan di rest area yang sudah diresmikan operasionalnya pada Desember 2018 itu mencapai 308 buah. Jumlah ini, menurutnya, kembali akan mendapat penghargaan dari Muri sebagai rest area dengan jumlah toilet terbanyak di dunia.


Selain fasilitas toilet dengan jumlah ratusan, rest area yang lokasinya berada di jalur A (Jakarta-Semarang) itu dilengkapi juga masjid dengan biaya pembangunan mencapai Rp 2,9 miliar, bahkan untuk fasilitas parkir kendaraan, kapasitasnya bisa menampung 600 hingga 800 kendaraan,

2 views0 comments