top of page

Serba-serbi Setir Kanan: Ternyata ada Selain di Indonesia!



Sahabat, tahukah kamu mayoritas negara di dunia menggunakan setir kiri dan melaju di jalan sebelah kanan? Namun, di Indonesia malah sebaliknya: yaitu menerapkan setir kanan dan berjalan di sisi kiri.


Fenomena ini ternyata memiliki sejarahnya sendiri. Dikutip dari World Standards, hal ini dapat ditinjau dengan kembali ke masa feodalisme Inggris, di mana orang-orang membawa pedang kemanapun mereka pergi. Pada masa itu, kebanyakan orang memegang alat berperang tersebut dengan tangan kanan.


Dari sana, berangkat tiga alasan mereka menggunakan sisi sebelah kiri jalan untuk bepergian.


Pertama, para pejuang perang dapat dengan mudah menggunakan tangan kanan mereka untuk menegndalikan pedang saat menyerang lawan yang mendekat. Kedua, dengan berjalan di sebelah kiri, mereka bisa menghindari menabrak sarung pedang milik orang lain. Dikarenakan sarung pedang ini biasanya digantung di sabuk dan ditempatkan di sisi kiri pinggang. Ketiga, orang yang menggunakan tangan kanan diketahui lebih mudah menaiki kuda dari sebelah kiri dikarenakan letak sarung pedang seperti yang tertera pada poin sebelumnya.


Nah, negara yang lalu lintasnya sebelah kiri dan setir kanan kebanyakan merupakan koloni Inggris kuno. Beberapa negara jajahan Inggris pun ada yang berubah haluan dengan menerapkan setir kiri. Amerika Serikat misalnya, yang ingin melarikan diri dari akar Inggris sehingga mereka menerapkan setir kiri dan lalu lintas di sebelah kanan sebagai gantinya.


Tentang kenapa Indonesia menerapkan setir kanan ini terkait dengan status Indonesia sebagai jajahan Belanda. Kebiasaan bepergian di sisi kiri jalan dibawa oleh Belanda saat datang pertama kali ke Indonesia pada 1596. Imbasnya, sampai sekarang kebiasaan melaju di sisi kiri terus diterapkan di Indonesia, dengan menerapkan setir kanan pada kendaraan.


Di Belanda sendiri saat ini sudah mengalami perubahan dan menggunakan setir kiri serta menganut lalu lintas sebelah kanan. Pergantian tersebut merupakan imbas dari Napoleon Bonaparte yang menaklukkan negara-negara Eropa juga menerapkan aturan berpegian di sisi kanan jalan. Di sisi lain, perubahan itu tidak sampai terbawa ke sebagian besar negara jajahannya seperti Indonesia dan Suriname.


Sahabat ada yang pernah mencoba berkendara dengan kedua sisi setir? Gimana, enakan yang mana nih?




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

48 views0 comments

댓글


bottom of page