top of page

Setir Lari Ke Kiri dan Ke Kanan? Kenali Penyebabnya


setir tidak stabil saat berkendara mungkin beberapa hal ini jadi pemicunya

Pernahkah Sahabat ketika sedang menyetir tapi kemudi setir sudah tidak lurus atau justru suka lari ke kiri dan ke kanan? Tidak stabilnya kemudi pada mobil menjadi penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi. Untuk mengetahui penyebabnya, simak penjelasan berikut ini ya.


Penyebab Setir Tidak Lurus


Berikut ini adalah beberapa penyebab setir mobil yang tidak stabil:


  1. Perbedaan Tekanan Angin Ban Perbedaan tekanan antara ban kanan dan ban kiri bisa sangat mempengaruhi setir. Kekurangan angin pada ban berakibat pada setir yang lebih tertarik ke arah kanan atau kiri karena ban cenderung lebih menempel ke aspal.

  2. Sudut Roda yang Berantakan Ketika sudut roda depan yang sudah tidak lurus, setir kemudi tidak akan berada pada posisi yang benar ketika seharusnya mobil berjalan lurus. Tentunya mobil harus segera dilakukan spooring dan balancing supaya memastikan sudut roda berada pada posisi yang optimal. Pengaturan ulang terhadap kaki-kaki mobil akan membuat kemudi bisa kembali dikendalikan dengan baik dan mudah.

  3. Bagian Tie Rod Sudah Aus Bagian tie rod yang aus akan berdampak pada bagian understeel atau kaki-kaki roda ban mobil. Tidak hanya aus, bagian tie rod juga bisa berkarat jika tidak dibersihkan. Ketika kedua hal ini terjadi, setir mobil pasti lari ke kiri atau ke kanan. Ini juga akan menyebabkan setir akan sangat sulit dikendalikan saat berkendara.

  4. Bagian Understeel yang Tidak Stabil Penggunaan mobil secara agresif bisa menyebabkan bagian bawah mobil atau suspensi roda jadi tidak stabil. Berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata atau melalui lubang-lubang jalan dapat memperburuk keadaan ini. Hal ini membuat setir mobil akan cenderung miring ke satu arah . Kondisi understeel yang tidak stabil dapat membuat kendali mobil menjadi sulit yang meningkatkan resiko kecelakaan. Tentu kaki - kaki perlu diganti apabila ditemukan kerusakan karena pemakaian secara terus menerus atau terlalu sering dibawa berkendara di jalan yang rusak.

  5. Sudut Toe yang Terlalu Lebar Sudut toe adalah orientasi roda terhadap garis horizontal saat dilihat dari atas mobil, yang penting untuk menjaga kendali kemudi. Jika terlalu sempit atau terlalu lebar, kemudi bisa terasa miring. Terdapat dua jenis sudut toe: toe-in, saat roda depan terdorong ke dalam, dan toe-out, saat roda depan terdorong ke luar. Sudut toe yang ekstrim dapat menyebabkan roda menarik kendaraan ke arah yang berlawanan dan membuat mobil responsif terhadap gerakan kemudi. Memperbaiki sudut toe bisa mengembalikan setir mobil pada keadaan yang semula.


Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara, pastikan Sahabat selalu melakukan servis di Tunas Daihatsu ya. Segera lakukan penjadwalan servis untuk mobil kesayangan kalian, supaya mobil selalu siap saat digunakan.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


58 views0 comments

Comments


bottom of page