top of page

Simpan APAR di Mobil dengan Aman, Begini Caranya!


APAR menjadi perangkat wajib untuk mobil - mobil keluaran terbaru

Alat Pemadam Api Ringan atau biasa disingkat APAR merupakan perlengkapan penting yang wajib tersedia di gedung-gedung untuk menangani kebakaran kecil sebelum api membesar dan merambat. Keberadaan APAR pun tak kalah penting di dalam mobil, mengingat potensi terjadinya kebakaran mobil yang tiba-tiba. Oleh karena itu, APAR dapat menjadi solusi pencegahan dini sebelum api melahap seluruh bagian mobil.


Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil telah diatur dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP 927/ A 502/ DRJD/ 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. Aturan ini berlaku sejak 18 Februari 2020 lalu.


Lalu, Bagaimana Cara Aman Menaruh APAR di Mobil?


Peletakan APAR yang disarankan biasanya berada di bawah kursi pengemudi dan harus terikat dengan benar. Pada beberapa mobil juga ditempatkan pada kursi penumpang depan yang berada disebelah pengemudi.


Apakah APAR Bisa Meledak Jika Terpapar Sinar Matahari?


Sahabat tidak usah khawatir dengan hal ini, APAR juga tidak akan langsung meledak saat terkena panas matahari yang masuk ke kabin. Desain tabung APAR telah dirancang untuk tahan terhadap suhu lingkungan luar. Oleh karena itu, kemungkinan APAR meledak karena parkir di area terbuka sangatlah kecil.


Perlukah APAR Dicek Secara Berkala?


Sahabat harus pastikan bahwa kondisi APAR tidak mengalami korosi saat di dalam mobil. Korosi ini bisa disebabkan dengan suhu kabin yang berubah drastis dari dingin ke panas saat mobil diparkirkan. Ketika mobil digunakan, biasanya AC dihidupkan, sehingga mobil menjadi dingin. Namun, saat mobil diparkir, AC akan selalu dimatikan, dan suhu di dalam mobil jadi meningkat. Situasi semacam inilah yang menyebabkan tabung APAR mengalami korosi jika terjadi secara berulang. Penting untuk secara teratur memeriksa apakah terjadi kebocoran pada tabung APAR. Sahabat harus mengecek secara berkala apakah terjadi kebocoran tabung APAR. Biasanya terjadi bocor halus jika tabung mengalami korosi.


Selain memeriksa apakah ada kebocoran kecil atau tidak, penting juga bagi Sahabat untuk memastikan kebersihan tutup dari tabung apakah masih terjaga atau sudah teroksidasi.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu




34 views0 comments

Comments


bottom of page