top of page

Strategi Cerdas Mengatur Cicilan Mobil agar Tak Menguras Kantong


Pentingnya mengatur keuangan agar cicilan mobil mu tetap terbayar

Kemampuan finansial menjadi sesuatu yang penting. termasuk dalam hal pembayaran cicilan kredit mobil. Tentunya akan ada banyak konsekuensi yang harus ditanggung seandainya gagal membayar cicilan. Sehingga penting untuk bijak sebelum memutuskan untuk mengambil kredit. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir selama kalian bisa mengatur keuangan dan menentukan cicilan dengan baik, kejadian gagal bayar tentunya bisa diantisipasi. Berikut ini beberapa tips dalam mengatur cicilan mobil yang bisa diterapkan.


Sesuaikan Dengan Budget dan Keuangan


Tips yang paling penting sebelum memilih mobil yaitu pastikan jangan membebani finansial. Artinya pilihlah mobil yang sesuai dengan budget. Ingat, kalian juga masih memiliki kewajiban untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya. Sehingga pastikan juga tidak mengganggu keuangan di setiap bulannya.


Berkonsultasi Dengan Pihak Dealer atau Leasing


Konsultasikan dengan pihak dealer atau leasing jika kalian sudah menentukan mobil pilihannya. Hal ini bertujuan supaya Sahabat mendapatkan informasi yang jelas mengenai kredit mobil bekas yang dipilih. Ini juga akan memudahkan dalam mempersiapkan semuanya, mulai dari dokumen hingga opsi uang muka, angsuran dan tenor yang tersedia.


Pentingnya Simulasi Kredit untuk Merencanakan Pembelian


Sebelum mengajukan kredit, penting untuk melakukan simulasi kredit. Simulasi ini membantu kalian untuk mengetahui perkiraan uang muka, tenor (lama cicilan), dan besaran cicilan per bulan. Cari tahu dengan cermat dan sesuaikan dengan budget serta kemampuan finansial kalian. Jangan ragu untuk kembali konsultasikan dengan leasing atau dealer agar memudahkan dalam menentukan uang muka dan cicilan yang ringan.


Pilihlah Dealer dan Leasing yang Bisa Dipercaya


Memilih dealer dan leasing untuk membeli kendaraan secara kredit memang penting. Pastikan Sahabat memilih yang terpercaya dan kredibel untuk menghindari penipuan dan kerugian di masa depan. Leasing yang kredibel atau terpercaya umumnya terdaftar sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Membuat Pos Anggaran Untuk Pembayaran Cicilan Kredit Mobil


Memiliki cicilan memang bisa membantu dalam mencapai tujuan finansial. Namun, agar tidak terbebani, penting juga untuk menerapkan kebiasaan positif dalam mengelolanya. Caranya dengan membuat pos anggaran yang khusus untuk cicilan. Dengan memisahkan cicilan dari pengeluaran lain, Sahabat bisa lebih mudah melacak kemana uang kalian pergi dan memastikan cicilan selalu terbayarkan tepat waktu.


Segerakan Bayar Cicilan Mobil Kalian


Penting untuk selalu menyelesaikan cicilan tepat waktu dan hindari kebiasaan menunda pembayaran. Membayar cicilan tepat waktu akan memberikan kalian keleluasaan dalam mengatur anggaran untuk kebutuhan lain. Ingatlah untuk tidak menggunakan cicilan untuk kebutuhan lain di luar yang sudah direncanakan.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



22 views0 comments

Commenti


bottom of page