top of page

Ternyata Ini Gunanya Grill Pada Mobil


grill punya fungsi yang lebih dari sekedar pemanis tampilan saja tetapi ada fungsi lain yang banyak pengendara tidak tahu

Kebanyakan pengguna pasti tidak banyak yang tahu fungsi dari grill pada mobil. Grill hanya dilihat sebagai aksesoris pemanis pada kendaraan, tak jarang banyak dari pengemudi yang memodifikasi bagian ini untuk mempercantik tampilan mobil mereka. Padahal fungsinya sangat penting loh.  Untuk tahu apa fungsi rongga grill mobil, langsung simak saja penjelasan berikut ini ya Sahabat!


Identitas Mobil


Letaknya yang berada di depan dimanfaatkan  pabrikan mobil untuk menampilkan logo perusahaan sebagai ciri khas kendaraan. Biasanya, logo tersebut ditempatkan di tengah grill sehingga mudah dikenali merek mobilnya. Rongga grill mobil berfungsi tidak hanya sebagai elemen estetika, tetapi juga sebagai bagian dari identitas visual mobil.


Oleh karena itu, banyak produsen mobil yang merancang gril dengan berbagai model dan variasi bentuk rongga, mulai dari yang terbuka hingga yang lebih tertutup. Desain rongga grill mobil dapat bervariasi secara vertikal atau horizontal sesuai dengan identitas merek yang ingin ditekankan pada mobil mereka.


Aerodinamika


Fungsi penting dari rongga grill mobil dalam meningkatkan kinerja mesin adalah melalui peningkatan aerodinamika. Ini terjadi ketika rongga grill memiliki lebar yang terbatas, memungkinkan udara yang menabrak bagian depan mobil saat bergerak untuk mengalir secara lebih efisien yang dapat meningkatkan aerodinamika keseluruhan mobil.


Peningkatan aerodinamika ini dapat mengoptimalkan performa mobil secara keseluruhan, memungkinkan mesin bekerja dengan efektif. Oleh karena itu, desain grill mobil semakin cenderung memiliki lubang yang lebih minim, untuk memaksimalkan fungsi rongga grill mobil. Grill yang memiliki desain lubang yang minim akan mengarahkan aliran udara dari bagian depan mobil secara langsung ke sisi-sisi mobil, tanpa mengganggu kinerja mesin.


Saluran Udara


Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi utama dari salah satu rongga grill mobil ini adalah untuk mengatur aliran udara, yang sangat penting untuk pendinginan mesin. Ketika mobil beroperasi, udara dari luar mengalir melalui grill untuk mendinginkan mesin yang memiliki suhu yang tinggi. Dengan bantuan udara dari grill ini, mesin terhindar dari risiko kelebihan panas yang dapat terjadi.


Itulah fungsi rongga grill mobil yang ternyata punya peranan penting Sahabat! Ternyata tidak hanya sebagai aksen pemanis saja, melainkan juga untuk menjaga keseimbangan fungsional pada mobil. Perawatan pada bagian ini jangan sampai terlewat begitu saja. Jangan sampai grill dibiarkan dalam keadaan kotor terlalu lama tanpa dibersihkan karena itu bisa menimbulkan jamur.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu



35 views0 comments

コメント


bottom of page