top of page

Tidak Hanya Mobil Bekas, Mobil Baru Juga Butuh Perawatan



Membeli mobil merupakan impian banyak orang. Sayangnya, setelah impian tersebut terwujud, banyak orang yang kurang memperhatikan mobil mereka. Mereka beralasan bahwa mobil baru yang dibeli dari dealer tidak memerlukan perawatan karena masih dalam kondisi baik. Namun, hal ini tidak benar. Mobil baru tetap membutuhkan perawatan agar umurnya lebih panjang dan tetap berada dalam kondisi terbaik. Perawatan mobil yang baik juga akan membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.


Inilah beberapa tips yang harus Sahabat lakukan ketika punya mobil baru, disimak ya.


Jaga agar kaca dan cat body mobil tetap bersih dan bebas dari jamur


Agar kaca dan cat mobil tidak berjamur, segera bersihkan udara yang menempel setelah hujan atau terkena udara. Anda bisa menggunakan lap kering atau kain microfiber. Jangan gunakan perapian mobil saat hujan.


Rajin cuci mobil


Mencuci mobil sering dianggap sebagai kegiatan yang tidak penting. Namun tindakan ini perlu dilakukan secara rutin, terutama jika mobil sering digunakan, terutama dalam kondisi hujan. Jika tidak dibersihkan, kotoran akan menempel dan sulit dihilangkan.


Jauhi mobil dari paparan sinar matahari


Untuk menjaga mobil tetap awet, sebaiknya parkirkan mobil di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, misalnya di bawah pepohonan. Tempat yang teduh akan membuat mobil tetap sejuk dan catnya tidak mudah rusak.


Rutin bersihkan interior mobil


Untuk merawat mobil baru, bagian dalam mobil perlu dibersihkan secara rutin. Namun, jangan menyemprotkan produk pembersih langsung ke bagian mobil, karena dapat mengganggu aliran listrik, terutama pada mobil yang memiliki banyak elektronik. Ambil, semprotkan produk pembersih ke lap terlebih dahulu, lalu gunakan lap tersebut untuk membersihkan bagian dalam mobil, seperti dashboard, door trim, dan bagian lainnya yang kotor. Pastikan untuk menggunakan lap berbahan karet atau plastik, dan hindari menggunakan lap berbahan kain berbulu.


Ganti oli secara teratur


Penggantian oli mobil adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik mobil, baik tua maupun baru. Bahkan mobil yang jarang digunakan pun harus diganti olinya secara berkala. Oli yang lama digunakan akan mengendap dan menimbulkan kotoran yang dapat menyebabkan mobil tidak dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan oli yang sesuai dengan jenis mesin mobil Anda. Anda juga bisa mengganti oli sendiri untuk menghemat biaya.


Gunakan BBM yang sesuai dengan standar pabrikan


Isi bahan bakar kendaraan di SPBU resmi untuk mendapatkan bahan bakar yang berkualitas dan terjamin. Hindari membeli bahan bakar di tempat-tempat yang tidak resmi karena dapat membahayakan kendaraan. Biasanya bahan bakar RON 92 lebih baik digunakan untuk mesin mobil. Bahan bakar ini bisa membuat kinerja mesin selalu prima. Selain itu, mobil modern saat ini memang banyak yang mensyaratkan untuk minimal penggunan bahan bakar dengan oktan tersebut.


Gunakan mobil sewajarnya dan tidak berlebihan


Pergunakanlah mobil secara wajar misalkan saja sesuaikan antara gigi dengan kecepatan yang dicapai, bila berada pada kecepatan rendah gunakan gigi rendah, dan jika dikehendaki kecepatan tinggi juga gunakan posisi gigi kecepatan tinggi. Selain itu, sebisa mungkin untuk hindari pengereman mendadak karena bisa berakibat pada kerusakan kampas rem dan juga kerusakan pada komponen lainnya.


Itulah beberapa hal yang wajib dilakukan buat Sahabat pemilik mobil baru, selain untuk menjaga performa mobil tetap maksimal, ini juga bertujuan agar jaminan garansi tetap berlaku.


Supaya mobil baru Sahabat tetap dalam kondisi baik, jangan lupa untuk melakukan perawatan di bengkel resmi Tunas Daihatsu ya! Untuk melakukan booking servis bisa kunjungi website www.tunasdaihatsu.com/booking-service.



Instagram: @tunas.daihatsu

49 views0 comments
bottom of page