top of page

Tips Ampuh Merawat Jok Fabric Agar Tetap Bersih


Perawatan pada jok fabric harus dilakukan dengan metode khusus yang tentu berbeda dengan perwatan jok berbahan kulit

Jok berbahan fabric umumnya menjadi standar pada segmen mobil kelas menengah, bahan ini umumnya nyaman untuk diduduki, namun jok bahan fabric sangat rentan terlihat kotor karena memiliki sifat yang mudah menyerap dan akan sulit dibersihkan jika terkena kotoran. Nah, solusi terbaiknya adalah memang harus segera dibersihkan. Tapi ingat, untuk membersihkannya tidak bisa dilakukan asal - asalan, ada trik khusus untuk membuat tampilan jok bahan fabric kembali mulus. Lalu, seperti apa caranya?


Jika Sahabat ingin melakukan perawatan sendiri di rumah, cukup gunakan foam cleaner yang biasanya berbentuk busa, ingat, aplikasikan dengan hati-hati hanya pada area noda dan hindari membuat jok terlalu basah. Sebab, cairan kimia yang mampu mengangkat kotoran bisa merusak atau melemahkan serat kain. Langkah selanjutnya adalah mengelap dengan kain microfiber atau menyikatnya perlahan menggunakan sikat halus atau nylon, searah dan tidak ditekan terlalu keras. Ulangi langkah ini jika masih terdapat noda.


Jangan lupa untuk mengeringkan jok. Setelah dilap dengan kain kering, kalian bisa membuka semua pintu mobil untuk memastikan ada sirkulasi udara dalam kabin. Cara lainnya adalah dengan melepas dan mengeluarkan jok dari mobil dan menjemur jok di bawah sinar matahari langsung. Cara ini juga efektif untuk membuat jok cepat kering.


Selain sifatnya yang mudah menyerap cairan, jok berbahan fabric juga mudah berdebu. untuk pengangkatan debu bisa dilakukan dengan vacuum cleaner. Lakukan dengan mengganti corong vacuum cleaner untuk mencapai ke sela-sela atau celah lipatan jok.


Namun, jika Sahabat malas untuk melakukan pembersihan sendiri di rumah, kalian bisa membawanya ke bengkel interior mobil atau detailing yang sudah banyak dijumpai di kota - kota besar. Perlu diingat, merawat jok fabric tidak semudah dengan jok berbahan kulit. Usahakan untuk menjaga kebersihan jok mobil kalian dengan membatasi makan dan minum di dalam mobil yang berpotensi meninggalkan noda seperti remah - remah makanan atau cipratan dari air minum yang membuat jok bisa kotor.



Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu









22 views0 comments

Comments


bottom of page