top of page

Tips Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin Merata




Permasalahan pada AC mobil yang hanya mengeluarkan udara dingin dari satu sisi merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Ini karena masalah tersebut bisa sangat mengganggu kenyamanan saat mengemudi, terutama saat berada dalam kemacetan atau cuaca panas. Lalu, apa penyebab utama masalah ini dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat bisa simak penjelasan berikut ini ya.


Beberapa Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah


Beberapa penyebab AC mobil menjadi dingin sebelah yang perlu Sahabat ketahui.


  1. Filter udara tersumbat Filter udara yang tersumbat dapat menghambat aliran udara dingin. Kotoran yang mengumpul di dalam filter udara dapat menghalangi aliran udara dalam sistem AC mobil. Hal ini akan mengakibatkan udara dingin hanya keluar dari satu sisi saja, bukannya merata.

  2. Kebocoran pada freon Freon berperan dalam menjaga tekanan refrigeran dalam sistem AC mobil. Ketika freon mengalami kebocoran, maka tekanan tersebut turun yang mengakibatkan AC hanya menghasilkan udara dingin dari satu sisi saja.

  3. Blower bermasalah Masalah pada kipas udara atau blower juga bisa mengakibatkan AC mobil hanya dingin di satu sisi. Komponen ini bertugas untuk menyebarkan udara dingin secara merata dalam sistem AC. Ketika terjadi masalah pada komponen ini, fungsinya tidak optimal.

  4. Saluran udara tersumbat Saluran udara yang tersumbat menjadi penyebab dari satu sisi AC mobil yang terasa lebih dingin dari sisi lain. Komponen ini berperan dalam mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Jika saluran udara mengalami penyumbatan atau kebocoran, perbedaan suhu yang mencolok dapat terjadi di dalam kabin mobil.

  5. Komponen elektronik bermasalah Komponen elektronik AC seperti aktuator pendingin atau sensor suhu yang bermasalah juga dapat menyebabkan AC mobil mengalami ketidakseimbangan suhu. Komponen-komponen ini bertanggung jawab dalam menyebarkan udara dingin secara merata di dalam mobil. Jika salah satu dari komponen tersebut mengalami masalah, AC mobil kemungkinan hanya akan menghasilkan udara dingin dari satu sisi saja.


Mengatasi AC Mobil yang Dingin Sebelah


Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan AC mobil dingin sebelah, dimana ada beberapa pemeriksaan yang mencakup:


  1. Filter udara Untuk mencegah AC mobil yang dingin sebelah, penting untuk secara teratur memeriksa filternya. Jika filter udara terlihat kotor, segera bersihkan agar tidak menghambat sirkulasi udara.

  2. Freon Melakukan pemeriksaan freon secara berkala dapat membantu mencegah kemungkinan kebocoran freon, yang bisa mengakibatkan masalah seperti AC yang tidak dingin merata. Jika ada kebocoran freon, segera lakukan perbaikan dan isi kembali refrigerant untuk mengatasi masalah tersebut

  3. Kipas udara atau blower Pemeriksaan kipas udara secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan pada komponen tersebut. Jika terjadi kerusakan, segera gantilah dengan komponen yang memiliki kualitas yang baik.

  4. Saluran udara Melakukan pemeriksaan saluran udara secara teratur juga bisa mencegah AC mobil yang tidak dingin merata. Jika terdapat kerusakan, segera berkonsultasi dengan bengkel yang ahli dalam perbaikan AC mobil untuk melakukan penggantian yang diperlukan.

  5. Komponen elektrikal Rutin memeriksa komponen elektronik dalam sistem AC bisa mencegah timbulnya permasalahan ini. Jika ada kerusakan, segera gantilah komponen yang rusak.


Melakukan perawatan secara berkala pada AC sangat penting dilakukan demi menjaga kenyamananmu selama berkendara. Segera kunjungi bengkel resmi Tunas Daihatsu apabila Sahabat mengalami masalah ini pada AC mobil kalian!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


117 views0 comments

Comments


bottom of page