top of page

Tips Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Agar Awet dan Tahan Lama



Daihatsu Rocky dilengkapi dengan  mesin turbo berkode 1KR-VET yang istimewa. Mesin ini menghasilkan tenaga 97,9 daya kuda dan torsi 15,2 Kgm, memberikan performa luar biasa. Namun seperti mesin turbo lainnya, perawatannya perlu diperhatikan agar performanya tetap optimal dan awet.


Mengapa perawatan mesin turbo pada Daihatsu Rocky penting?


Mesin turbo Daihatsu Rocky menghasilkan tenaga yang besar, sehingga perlu perhatian ekstra agar performanya tetap optimal dan awet. Berbeda dengan mesin biasa atau NA (Naturally Aspirated) dimana pada mesin turbo, perlu kondisi panas terlebih dahulu sebelum mulai dijalankan. Sehingga, penting untuk Sahabat pemilik Daihatsu Rocky untuk memanaskan mobil. Memanaskan mobil bermesin turbo tidak perlu lama - lama, cukup tiga sampai lima menit saja. Begitu pula ketika ingin mematikan mesin, pastikan jarum RPM (Rotation Per Minute) telah turun dan diamkan sejenak selama 1 menit.


Ternyata perawatan mesin turbo tidak sesulit yang dibayangkan Sahabat! Selain itu beberapa tips berikut ini juga penting diperhatikan agar kinerja mesin turbo selalu dalam kondisi maksimal.


Pakai oli yang berkualitas

Gunakan oli mesin berkualitas tinggi yang direkomendasikan oleh Daihatsu. Lakukan penggantian oli dan filter oli secara rutin sesuai dengan buku panduan. Mesin turbo biasanya punya temperatur lebih tinggi dari mesin biasa. Sehingga oli dengan kemampuan pendingin direkomendasikan. Sebagai rekomendasi Sahabat bisa menggunakan oli bertipe 0W-20 sebagai oli mesin turbo yang ideal.


Jangan menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah

Gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi (minimal RON 92) hal ini untuk memastikan pembakaran yang optimal dan menjaga kinerja mesin turbo pada Daihatsu Rocky.


Rutin bersihkan filter udara

Perawatan mesin turbo yang juga harus diperhtikan adalah pembersihan komponen saringan udara secara rutin. Karena kinerja mesin yang tinggi, jika tidak didukung oleh suplai udara yang baik, tentu akan kurang maksimal.


Hindari akselerasi mendadak

Menginjak gas secara tiba-tiba dapat meningkatkan tekanan turbo secara drastis dan berpotensi merusak komponen mesin. Lakukan akselerasi dengan perlahan dan stabil.


Selalu perhatikan kesehatan mobil kalian ya Sahabat, agar berkendara juga jadi lebih nyaman dan tenang!



Instagram: @tunas.daihatsu


53 views0 comments

Commentaires


bottom of page